Kesehatan jiwa ibu sebagai fondasi kesehatan keluarga di PRA Demangan Yogyakarta dengan tanaman obat keluarga

Tri Ani Marwati, Laela Hayu Nurani, Widea Rossi Desvita

Abstract


Gangguan jiwa adalah suatu perubahan pada fungsi jiwa yang menyebabkan adanya gangguan pada fungsi jiwa, yang menimbulkan penderitaan pada individu dan atau hambatan dalam melaksanakan peran sosial. Masalah gangguan jiwa yang menyebabkan menurunnya kesehatan mental ini ternyata terjadi hampir di seluruh negara di dunia. Beberapa jenis gangguan jiwa seperti Schizoprenia, Alzheimer, epilepsi, keterbelakangan mental dan ketergantungan alkohol sebagai isu yang perlu mendapatkan perhatian lebih serius lagi terkait dengan gangguan neuron. Gangguan jiwa pada keluarga dapat terjadi pada ayah, ibu, anak maupun ketiganya, terlebih saat pandemi Covid-19. Tujuan penyuluhan kesehatan jiwa ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak mengalami atau bisa mengelola jika terjadi gangguan jiwa dengan melakukan kegiatan yang positif seperti bertanam tanaman obat. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terutama setelah di lakukan penyuluhan sebesar 13 % terhadap warga Pimpinan Ranting Aisyiyah Demangan terkait dengan kesehatan jiwa dan tanaman obat hal tersebut sangat membantu warga utk tetap melakukan kegiatan selama pandemic.

Keywords


Kesehatan Jiwa ibu, obat tradisional dan promosi kesehatan

Full Text:

PDF

References


C. R. Marchira. 2011. "Integrasi kesehatan jiwa pada pelayanan primer di Indonesia: Sebuah tantangan di masa sekarang," Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, vol. 14, no. 3, pp. 120-126.

D. W. Choiriyah. 2016. "Depresi pada Ibu dan Pengaruhnya dalam Perilaku Pengasuhan," Proyeksi: Jurnal Psikologi, vol. 11, no. 1, pp. 65-76.

E. Budianita, F. Syafria, and I. Afrianty. 2018. "Penerapan Learning Vector Quantization 3 (LVQ 3) untuk Menentukan Penyakit Gangguan Kejiwaan," in Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri, pp. 69-76.

Green, L & Kreuter, M.W. 2005. Health Promotion Planning, An Educational and Environmental Approach, second Edition, Mayfield Publishing Company

M. Hajialyani, M. Hosein Farzaei, J. Echeverría, S. M. Nabavi, E. Uriarte, and E. Sobarzo-Sánchez. 2019. "Hesperidin as a Neuroprotective Agent: A Review of Animal and Clinical Evidence," Molecules, vol. 24, no. 3, p. 648. [Online]. Available: https://www.mdpi.com/1420- 3049/24/3/648.

Notoatmojo, Soekidjo. 2010. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi Rineka Cipta : Jakarta, Perkins, E.R,Simnett.I,Wright, L ( 1999) Evidence-based Health Promotion Chichester: John Wiley & Sons

P. Singh. 2020. "An Overview On Women’S Mental Health And Its Determinants," Voice of Research Working papers, no. 2020-36-04.

S. Idaiani and E. I. Riyadi. 2018. "Sistem Kesehatan Jiwa di Indonesia: Tantangan untuk Memenuhi Kebutuhan," Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, pp. 70-80.

S. Kumar Singh, G. E Barreto, G. Aliev, and V. Echeverria. 2017. "Ginkgo biloba as an alternative medicine in the treatment of anxiety in dementia and other psychiatric disorders," Current drug metabolism, vol. 18, no. 2, pp. 112-119.

S. Sediri et al. 2020. "Women’s mental health: acute impact of COVID-19 pandemic on domestic violence," Archives of women's mental health, pp. 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Ani Marwati, Laela Hayu Nurani, Widea Rossi Desvita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License