PELATIHAN PSIKOSOSIAL BAGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021
Abstract
Bencana dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu dan tempat. Berbagai dampak dapat ditimbulkan akibat dari bencana menurut Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana menyebutkan dampak bencana dapat mengakibatkan gangguan atau dampak psikologis. Gejala gangguan psikologis yang muncul setiap orang pasca bencana juga berbeda-beda, sehingga tidak dapat dibandingkan antara satu individu dengan individu lainnya. Beberapa contoh dampak psikologis pada anak pasca bencana adalah gangguan kecemasan, mudah panik, stres bahkan dapat menyebabkan depresi. Gejala-gejala tersebut apabila diabaikan tentunya akan berpengaruh buruk terhadap perkembangan anak baik fisik maupun mentalnya. Besarnya dampak psikologis pasca bencana pada anak mendorong peran orang dewasa, dalam hal ini guru Bimbingan dan Konseling untuk turun tangan melakukan assessment hingga pemulihan. tujuan pengabdian ini adalah konselor dapat menerapakan pelaksanaan layanan dukungan psikososial ketika terjadi bencana atau situasi krisis.
Metode pelaksanaan pelatihan layanan dukungan psikososial bagi Guru BK di SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2021. Kegiatan PPM dilakukan dengan mengawali aktivitas dengan pre-test untuk melihat sejauh mana pengetahuan Guru BK tentang layanan dukungan psikososial. Sesi selanjutnya adalah memberi pengantar pentingnya pelatihan psikososial, dasar hukum dan dampak psikososial. Selanjutnya yaitu mengenalkan Layanan Dukungan Psikososial (LDP), piramida psikososial, tahapan LDP dan assessment psikososial. Kemudian terakhir dilakukan post test untuk mengukur keberhasilan dan efektivitas kegiatan yang dilakukan.
Hasil dari pelatihan ini adalah bentuk luaran atau capaian yang diharapkan pada saat program pengabdian pada masyarakat ini diberikan, yaitu Kabar Berita Daring (Elektornik) di Inilah Jogja.com dan Radar Jogja serta Video yang dibuat oleh Guru BK SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta yang telah diunggah dalam kanal Youtube. Luaran lain adalah jurnal atau publikasi yang terbit pada Jurnal Kajian Bimbingan dan KonselingKeywords
Full Text:
PDFReferences
Arafah, N., dan Bahri, S. (2020). Peningkatan Human Capital dalam Proses Pembelajaran di
Era New Normal. Jurnal Manajemen Bisnis. 17 (3): 425-444.
BNPB. 2017. Potensi dan Ancaman Bencana. https://www.bnpb.go.id/home/potensi.
Diakses Pada Tanggal 13 Maret 2021.
BPBD Kota Yogyakarta. 2014. Peta Kawasan Rawwan Bencana Kota Yogyakarta,
https://bpbd.jogjakota.go.id/page/index/peta-kawasan-rawan-bencana. Diakses Pada
Tanggal 13 Maret2021
Yulianingsih, E., Sujawaty, S., & Rasyid, P. S. (2020). Pelatihan ketrampilan Pengembangan
kompetensi psikososial pada remaja di smp negeri 6 kota gorontalo. Gemassika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 119-127.
Tjandra, K. 2015. Mengenal Gunungapi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana
Kidnesia. 2011. Atasi Trauma Anak Setelah Bencana Alam. Tersedia dalam
Kusumaningtyas, D.A. dan Fitri, F. (2020). Pelatihan Penerapan Blended Learning untuk
Gru Fisika di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat. 193-198.
www.kidnesia.com. Diakses tanggal 13 Maret 2021
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 27 tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi
Akademik dan Kompotensi Konselor.
Wibowo, U. D. A. (2021). Pelatihan altruisme dalam kerelawanan pada Mahasiswa
komunitas psikososial. Dharma Bhakti Ekuitas, 6(1),601606.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Irvan Budhi Handaka, Amirul Ikhsan, Ficky Kurniawan, Zela Septikasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License