KOMPETENSI KONSELOR DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR KEPADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Andika Ari Saputra, Agus Saputra, Indah Permatasari

Abstract


Peran konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling berlandaskan kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik. Konselor harus mampu secara lisan maupun tulisan dalam memberikan layanan bimbingan belajar kepada peserta didik. Kompetensi konselor dalam memberikan layanan bimbingan belajar dapat membantu peserta didik dalam menemukan cara belajar yang tepat, memecahkan persoalan belajar yang dianggap sulit dan dapat mengembangkan segenap kemampuan peserta didik untuk mencapai prestasi belajar yang baik. Peserta didik sekolah menengah pertama memerlukan layanan bimbingan belajar yang dapat membantu memandirikan peserta didik dalam belajar dan mencapai cita-cita pendidikan nasional.

Full Text:

PDF

References


ABKIN. (2009). Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling Profesional. Bandung: Pengurus Besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling.

Walgito, B. (2004). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offset.

Drummond, R. J. (2000). Appraisal procedurs For Counselor and Helping Professionals Fourth Edition. Merril an Imprint of Prentice Hall Upper Saddle River. Columbus, Ohio: New Jersey.

Judith A. Lewis., Michael D. Lewis., Judy A. Daniels., at al. (2010). Community Counseling: A Multicultural-Social Justice Perspective. Belmont, USA: BROOKS/COLE Cengage Learning.

Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Soetjipto dan Kosasi, R. (2011). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, S., dan Nurihsan, J. (2006). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kardinata, S. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winkel dan Hastuti, S. 2005. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: MEDIA ABADI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.