OPTIMALISASI PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGUATKAN NILAI-NILAI MORAL REMAJA YANG BERKARAKTER

Anita Dewi Astuti

Abstract


Moralitas merupakan sistem nilai mengenai baik atau buruk tindakan seseorang sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Moralitas berkaitan dengan karakter yang biasa digunakan untuk merujuk dimensi moral seseorang. Merosotnya nilai-nilai moral dikalangan remaja menjadi keprihatinan bersama terlebih pada sektor pendidikan. Sebagai upaya untuk menguatkan nilai-nilai moral remaja pemerintah perlu membuat kebijakan mengenai pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan bagian integral dalam pendidikan yang merupakan tugas semua pihak baik sekolah, keluarga maupun masyarakat. Guru Bimbingan dan Konseling mempunyai peran utama dalam menanamkan karakter  pada siswa karena sejatinya pendidikan karakter mencakup berbagai aspek yaitu pikiran, perasaan dan tindakan. Keberadaan Guru Bimbingan dan Konseling yang mempunyai peran penting diharapkan dapat mengambil peran yang lebih optimal dibandingkan dengan tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan dalam menanamkan nilai-nilai moral sesuai dengan agama dan budaya sehingga terbentuk generasi remaja yang berkarakter.

Full Text:

PDF

References


Agustiani, Hendriati. 2009. Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep di dan Penyesuaian Diri pada Remaja). Bandung: PT Refika Aditama.

Dany M. Handarini. 2017. Peran Konselor Dalam Membentuk Generasi Muda Berkarakter. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) Vol. 1 No. I (Mei 2017) Online ISSN 2580-216X

Berkowitz, M.W. 2002. The Science of Character Education. Dalam William Damon (Editor),Bringing in a New Era in Character Education. USA: Hoover Institution Press Publication.

Hermansyah. 2001. Pengembangan Moral. Depdiknas, Jakarta.

Santrock, John W. (2002). Life-Span Development. (Alih bahasa Juda Damain Achmad Chusairi). Jakarta: Erlangga.

_______. (2003) Adolescence Perkembangan Remaja. (Alih bahasa Shinto . Adelar, Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga.

Supriyanto, A. (2016). Collaboration Counselor and Parent for Developing Student Spiritual Competency trough Comprehensive Guidance and Counseling Service. FOKUS KONSELING: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1).

Suyanto. 2002. Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.

Siti Rahayu Hadiono dan Monks F.J. 2006. psikologi perkembangan. Yogyakarta Gadjah mada university press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.