PENTINGNYA SISWA MEMILIKI SELF DISCIPLINE SEBAGAI ALTERNATIF PENGUATAN KARAKTER

Laelatul Arofah

Abstract


Indonesia berusaha untuk mewujudkan generasi emas 2045. Demi mewujudkannya maka pemerintah harus mengupayakan pendidikan karakter pada seluruh siswa sejak dini. Salah satu karakter yang harus muncul demi mewujudkan generasi emas tersebut adalah self discipline. Self discipline dapat dijadikan sebagai salah satu baromater kesuksesan seorang individu sebagai insan berkarakter. Kesuksesan individu dapat dicapai ketika mereka sudah menunjukkan self discipline yang baik. Individu yang memiliki self discipline yang baik akan mampu bersaing, tangguh, dan memiliki sikap resiliensi yang tinggi untuk menghadapi tantangan hidup. Self discipline dapat ditunjukkan dengan kemampuan individu dalam mengarahkan (direction), mengatur (regulate), dan mengendalikan (control) perilakunya demi mewujudkan tujuan hidup. Perilaku self discipline penting untuk ditumbuhkan dalam diri siswa. Oleh karena itu, peran berbagai pihak sangat diperlukan untuk menumbuhkan karakter self discipline. Nantinya diharapkan individu akan mampu menjadi pribadi yang gemilang, yang mampu bersaing di era globalisasi ini.

Full Text:

PDF

References


Arofah, L. (2015). Keefektifan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Disiplin Diri Siswa SMP Negeri 5 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pps UM.

Brooks, R. & Goldstein, S. (2008). Raising A Self Disciplined Child. United States: Mc Graw Hill.

Bryant, T. (2011). Self Discipline in 10 days: How To Go From Thinking To Doing. Seattle, Washington: Human Understanding and Behavior Publishing.

Duckworth, A.L., & Seligman, M.E.P. (2005). Self-Discipline Outdoes IQ in Predicting Academic Performance of Adolescents. Psychological Science, 16 (12): 939-944.

Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2 (edisi keenam). Terjemahan Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mikhize, D.E. (2002). Impact Of Discipline On Learner. Disertasi Tidak Diterbitkan. Faculty Of Education At The University Of Zululand.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ramli, M. (1999). Developing Student Self Discipline. Jurnal Filsafat, Teori, dan Praktik Kependidikan, 26 : 12-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.