ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN ALAT TES INTELEGENSI WECHSLER INTELLIGENCE SCALE FOR CHILDREN (WISC) UNTUK ANAK TUNARUNGU

Mudhar Mudhar, Ana Rafikayati

Abstract


Anak tunarungu dikenal rata-rata memiliki IQ di bawah rata-rata. Setelah dianalisis lebih lanjut hasil tersebut diperoleh dikarenakan tes yang diberikan bersifat verbal (verbal test). Padahal pada anak tunarungu, mereka mengalami kesulitan dalam memahami bahasa verbal. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan alat tes intelegensi untuk anak tunarungu yang disesuaikan dengan karakteristik anak tunarungu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan karakteristik alat inteligensi untuk anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah  4 guru anak tunarungu, 2 psikolog, dan 5 anak tunarungu. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik flow analysis  (Miles & Huberman) yang terdiri atas 3 tahap, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, and (3) verifikasi. Hasil menunjukkan bahwa karakteristik alat tes inteligensi untuk anak tunarungu adalah (1) instruksi harus singkat, (2) menggunakan kata yang mudah dipahami, (3) menggunakan paraphrase, (4) instruksi harus dalam bentuk visual (yang dapat dibantu dengan gambar dan video), (5) menggunakan Bahasa isyarat, dan (6) menggunakan demonstrasi. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar segera dikembangkan alat tes inteligensi yang sesuai dengan karakteristik anak tunarungu.

Full Text:

PDF

References


Nur’aeni. (2012). Tes Psikologi: Tes Intelegensi dan Tes Bakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Vernon, MsCay. (2005). Fifty years of research on the intelligence of deaf and hard-of-hearing children: a review of literature and discussion of implications. J. Deaf Stud. Deaf Educ. 10 (3): 225-231.

Gargiulo, R. M. (2012). Speial Education in Contemporary Society: An Introduction to Exceptionality 4th ed. California: Sage Publication.Inc.

Soemantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wagino dan Rafikayati, A. (2013). Pelaksanaan Auditory Verbal Therapy (AVT) dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak tunarungu. Jurnal Pendidikan Luar Biasa UNESA (April 2013),Volume 9, Nomor.1

Nanik. Tanpa Tahun. Penelusuran karakteristik hasil tes inteligensi WISC pada anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi UGM. Vol 34, No. 1;18-39.

Sarant, Z. J., & Hughes, K. (2010). The effect of IQ on spoken language and speech perception development in children with impaired hearing. The University of Melbourne, Australia. Cochlear implants international, Vol. 11 Supplement 1, June, 2010, 370–74


Refbacks

  • There are currently no refbacks.