INTERPERSONAL CONFLICT RESOLUTION SKILL (SOLUSI KONSTRUKSTIF BAGI KONFLIK INTERPERSONAL SISWA)

Rosalia Dewi Nawantara

Abstract


Kasus perkelahian, bully berupa fisik dan verbal sampai perilaku tawuran saat ini sedang marak terjadi di kalangan pelajar. Salah satu penyebabnya karena timbulnya konflik interpersonal. Konflik interpersonal merupakan konflik yang terjadi di antara individu-individu yang mengembangkan hubungan interpersonal atau hubungan antarpribadi. Konflik hampir barang tentu akan dialami oleh semua orang yang melakukan komunikasi dengan orang lain. Berbedanya pendapat, pengalaman, dan nilai dapat memicu timbulnya konflik. Apabila konflik tersebut tidak dapat diselesaikan maka akan menimbulkan gangguan yang cukup serius pada hubungan dua individu, sehingga dibutuhkan suatu keterampilan dimana keterampilan tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah secara konstruktif. Keterampilan memecahkan konflik interpersonal atau interpersonal conflict resolution skill merupakan salah satu solusi secara konstruktif yang dapat dilakukan. Utamanya keterampilan ini sangat diperlukan oleh siswa yang berada pada usia remaja dan memliki kondisi emosi yang masih labil.

Full Text:

PDF

References


Algert, N.E. & Stanley, C. A. (2007). Conflict Management. Effective Practice For Academic Leader Stylus Publishing, 2 (9): 1-16.

Bao, Y., et al. (2016). The Research of Interpersonal Conflict and Solution Strategies. Scientific Research Publishing Journal (Online), (http://www.scirp.org/journal/psych), diakses 26 Juli 2017.

DeVito, J.A. (1996). Komunikasi Antar Manusia. Terjemahan oleh Agus Maulana. Jakarta: Professional Books.

Deutsch, M., & Peter Coleman, (Eds). (2000). The Handbook of Conflict Resolution. San Fransisco: Josey Bass.

Nawantara, R. D. (2016). Perbedaan Keterampilan Memecahkan Konflik Interpersonal Antara Siswa Kelas Akselerasi Dan Siswa Kelas Reguler Di SMAN RSBI Se-Kota Malang. Nusantara Of Research, 03 (01): 32-38.

Johnson, W. D. (2009). Reaching Out: Interpersonal Effectiveness and Actualization. Prentice-hall. Inc: New Jersey.

Jones, T. S. (2004). Conflict Resolution Education:The Field, the Findings, and the Future. Conflict Resolution Quarterly Wiley Periodicals, Inc.,and the Association for Conflict Resolution, 22 (1): 233-267.

Winayanti, R. D. & Widiasavitri, P. N. (2015). Hubungan Antara Trust dengan Konflik Interpersonal Pada Dewasa Awal yang Menjalani Hubungan Pacaran Jarak Jauh. Jurnal Psikologi Udayana, 3 (1): 10-19


Refbacks

  • There are currently no refbacks.