FROM CRISES TO COMPREHENSIVE APPROACH IN GUIDANCE AND COUNSELING PHILOSOPHIAL PERSPEKTIVE

Ummah Karimah

Abstract


Penelitian ini mencoba untuk menemukan satu bentuk pendekatan yang pas di ruang bimbingan dan konseling. Terdapat dua fakta yang melandasi hingga saat ini, yaitu masih banyaknya respons terhadap konseli yang belum bisa disebut efektif dan cara merespons konseli. Pertama bisa diamati dari betapa konseli, termasuk anak didik, yang ketika menghadap pada konselor tidak mendapatkan apa pun kecuali perasaan minder dan malu, sedangkan kedua tampak pada kebanyakan konselor yang masih saja merasa tidak penting untuk memahami bidang keilmuannya—termasuk konseli—secara menyeluruh dan memahami perkembangan konseli. Artikel ini untuk menggali lebih jauh soal pergeseran dari pendekatan yang ada, jika pendekatan terdahulu dalam membantu siswa lebih menekankan pada penyelesaian masalah namun untuk kedepannya lebih kepada pendekatan komprehensif, dilihat dari latar belakang dan perkembangan peserta didik – konselor. Asumsi, bahwa Thomas Kuhn sebagai shift paradigm merupakan tubuh bimbingan dan konseling yang tengah terjadi atau sedang dialami. Harapannya, pada level konseli atau pun konselor dengan pembacaan yang kritis atas bimbingan dan konseling, sekonsep yang lebih solutif bisa diendus, ditarik, dan lantas dibentuk sesuai kebutuhan yang diperlukan di lapangan, yakni sekolah atau instansi lainnya.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Depdiknas.

Kartadinata, S. (2011). Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling sebagai Upaya Pedagogis. Bandung : UPI Press.

Muro, J. J and Kottman, T. (1995). Guidance and Counseling in Elementary School and Middle School. Iowa : Brown and Benchmark Publisher.

Myrick, R. D. (2011). Developmental Guidance and Counseling : A Practical Approach Fifth edition. Minneapolis : Educational Media Corporation.

Nurihsan, J. (2014). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Belakang. Bandung : Refika Aditama.

Shertzer, B. & Stone-Shelley, C. (1980). Fundamental of Guidance. New York : Houghton Mifflin Company.

Suherman, U. (2010). Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung : Rizqi Press.

Supriatna, Mamat. (2011). Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi : Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Wardiati. (2011). Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Yusuf & Nurihsan, J. (2016). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.