ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS SKALA PERILAKU AGRESI

Wahyu Nanda Eka Saputra, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Perilaku agresi merupakan salah satu masalah yang memiliki dampak negatif, terutama pada pencapaian hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan skala perilaku agresi yang dapat mengukur tingkat perilaku agresi siswa. Skala perilaku agresi sebelum digunakan perlu dilakukan uji coba untuk mengetahui validititas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan korelasi product moment untuk menentukan tingkat validitasnya dan menggunakan rumus alpha cronbach untuk menentukan tingkat reliabilitasnya. Uji validitas dan reliabilitas skala perilaku agresi dibantu dengan aplikasi SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari 50 jumlah total item, 38 item diataranya dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitasnya adalah  0,826 yang termasuk dalam kategori reliabilitas tinggi. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat dinyatakan bahwa skala perilaku agresi layak digunakan untuk mengukur tingkat perilaku agresi siswa. Seyogyanya konselor dapat memanfaatkan skala perilaku agresi ini untuk mengukur tingkat perilaku agresi siswa yang dijadikan data dasar membuat program layanan bimbingan dan konseling.

Full Text:

PDF

References


Buss, A. H., & Perry, M. P. (1992). The Aggression Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology, 63, 452-459.

Galtung, J. (1967). Theories of Peace: A Synthetic Approach to Peace Thinking. Oslo: International Peace Research Institute.

Giovazolias, T., Kourkoutas, E., Mitsopoulou, E., & Georgiadi, M. (2010). The relationship between perceived school climate and the prevalence of bullying behavior in Greek schools: Implications for preventive inclusive strategies. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 5, 2208-2215.

Goldstein, S. E., Young, A., & Boyd, C. (2008). Relational Aggression at School: Associations with School Safety and Social Climate. Journal Youth Adolescence, 37, 641-654.

Hidayat, H., Yusri, & Ilyas, A. (2013). Profil Siswa Agresif dan Peranan Guru BK. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 1-5.

Kozina, A., Rožman, M., Perše, T. V., & Leban, T. R. (2010). The school climate asa predictor of the achievement in TIMSS advance study: A students’, teachers’ and principals’ perspective. IEA IRC, Gothenbrg, Sweden: IEA, Amsterdam. Retrieved from http://www. iea. nl/fileadmin/user_upload/IRC/IRC_2010/Papers/IRC2010_Kozina_Rozman_etal. pdf.

Klein, J., Cornell, D., & Konold, T. (2012). Relationships between bullying, school climate, and student risk behaviors. School Psychology Quarterly, 27(3), 154.

Kutsyuruba, B., Klinger, D. A., & Hussain, A. (2015). Relationships among school climate, school safety, and student achievement and well‐being: a review of the literature. Review of Education, 3(2), 103-135.

Makewa, L. N., Role, E., Role, J., & Yegoh, E. (2011). School Climate and Academic Performance in High and Low Achieving Schools: Nandi Central District, Kenya. International Journal of Scientific Research in Education, 4(2), 93-104.

Marsh, L., McGee, R., & Williams, S. (2014). School Climate and Aggression among New Zealand High School Students. New Zealand Journal of Psychology, 43(1), 28-37.

Orpinas, P., & Frankowski, R. (2001). The Aggression Scale: A self-report measure of aggressive behavior for young adolescents. The Journal of Early Adolescence, 21(1), 50-67.

Perlman, C. M., & Hirdes, J. P. (2008). The aggressive behavior scale: a new scale to measure aggression based on the minimum data set. Journal of the American Geriatrics Society, 56(12), 2298-2303.

Ramirez, J. M. (2009). Some dychotomous classifications of aggression according to its function. Journal of Organisational Transformation and Social Change, 6(2), 85-101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.