PERSPEKTIF TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK PENINGKATAN KECERDASAN MORAL REMAJA

Muya Barida, Hardi Prasetiawan

Abstract


Setiap individu memiliki moral. Kemampuan individu untuk menunjukkan berbagai sikap dan perilaku bermoral disebut dengan kecerdasan moral. Kecerdasan moral remaja dapat ditingkatkan melalui teknik self management. Remaja dianggap sebagai individu yang dapat belajar untuk mengatur diri sendiri pada arah yang telah ditentukan oleh lingkungan tanpa harus mengorbankan inisiasi diri yang positif. Teknik self management memandang bahwa individu juga bertanggung jawab terhadap proses perubahan pikiran dan perilaku. Remaja terlibat secara penuh dalam merencanakan dan melaksanaan proses perbaikan pikiran dan perilaku sehingga tercapailah peningkatan kecerdasan moral. Adapun langkah yang dilakukan dalam upaya peningkatan kecerdasan moral melalui teknik self management, antara lain self monitoring, stimulus control dan self reward.


Full Text:

PDF

References


Azhar, M.H. (2009). Kecerdasan Moral Pada Remaja Yang Mengalami Deviasi Mothering. Jurnal Psikologi, 2 (2).

Muthahhari, M. (2008). Falfasatul Akhlaq. (Terjemahan) Quantum Akhlak. Yogyakarta: Arti.

Taher, T. (2007). Membenahi Moral Bangsa, Meneladani Akhlak Rasul.

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Moghadas, M. & Khaleghi, M. (2013). Investigate of Relationship Between Moral Intelligence and Distress Tolerance In Isfahan Staff. International Journal of Research In Social Sciences, 2 (2).

Yusuf, S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Rosda.

Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology Active Learning Edition Tenth Edition. Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nursalim, M. (2013). Strategi & Intervensi Konseling. Cetakan I. Akademia Permata. Jakarta: Indeks.

Devine, S. (2006). What is Moral Education. Nourthampton: Susan Devine.

Lennick, D. & Kiel, F. (2008). Moral Intelligence, Enhancing Business Perfomance & Leadership Success. New Jersey: Pearson Education Inc.

Septiana, D. (2008). Program Bimbingan Pengembangan Karakter Moral Santri. Tesis Magister pada SPs UPI Bandung: tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.