UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SD N 3 PUNGGELAN

Suroso Suroso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn menggunakan metode diskusi pada siswa kelas V SD N 3 Punggelan, Banjarnegara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD N 3 Punggelan, dengan jumah siswa 9 terdiri dari siswa laki-laki 6 dan siswa perempuan 3. Sedangkan obyek penelitian ini adalah aktivitas belajar PKn menggunakan model active learning.. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian tindakan ini ditentukan yaitu meningkatkannya aktivitas siswa pada kategori aktif dan aktif sekali sebanyak 80% dari jumlah seluruh siswa. Hasil penelitian pembelajaran PKn mengunakan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD N Punggelan, Banjarnegara. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penerapan tindakan dengan  penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan  aktivitas  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  PKN, dimana keaktifan sudah mencapai 88,9% yang artinya bahwa keaktifan siswa sudah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 80%. Dengan demikian, bahwa metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada siswa kelas V SD N 3 Punggelan Banjarnegara.


Full Text:

PDF

References


Anton, M. M. (2001). Aktivitas Belajar. Bandung. Yrama

Ubaedillah, A., & Rozak, A. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Pancasila, demokrasi, hak asasi manusia dan masyarakat madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah

Desmita. (2009). Psikologi Perekembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, SMA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Diana Mutiah. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada

Hasibuan, JJ. dan Moedjiono.(2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Remaja Rosdakarya.

Khamdi, J.S. (2003). Diskusi yang Efektif. Jakarta :Rineka Cipta

Hamid, M. S. (2011). Metode Edutaiment. Yogyakarta: Diva Press.

Thobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Belajar & Pembelajaran: Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional . Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Muhibinsyah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Press.

Djamarah, S. B. (2011).Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Prefesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.