Peran pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis living values education dalam membentuk nilai-nilai karakter siswa

Tubagus Saputra, Kokom Komalasari, Prayoga Bestari

Abstract


Penelitian ini menjawab peran dari Pendidikan Kewarganegaraan berbasis living values education dalam membentuk nilai-nilai karakter siswa di SMA Negeri 3 Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan catatan lapangan. Temuan penelitian ini adalah bahwa peran dan keberadaan Pendidikan Kewarganegaraan berbasis living values education mendukung terbentuknya nilai-nilai karakter kehidupan yang dianut oleh peserta didik di SMA Negeri 3 Bandung sebagai nilai-nilai kehidupan, seperti kebebasan, siap maju, easy going, peduli, berani, percaya diri, komunikatif, religius, mandiri, ramah, sopan, santun, sigap, semangat, berdaya saing, rajin, bertanggung jawab, disiplin dan cinta damai.


Full Text:

PDF

References


Dianti, P. (2014). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 58–68. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2062

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan karakter konsep dan aplikasi living values education. Bandung: Refika Aditama.

Komalasari, K., Saripudin, D., & Masyitoh, I. S. (2014). Living values education model in learning and extracurricular activities to construct the students’ character. Journal of Education and Practice, 5(7), 166–174.

Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.

Maftuh, B. (2008). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme melalui pendidikan kewarganegaraan. Educationist, II(2), 134–143. Diambil dari http://103.23.244.11/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._II_No._2-Juli_2008/7_Bunyamin_Maftuh_rev.pdf

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Purwaningsih, E. (2010). Keluarga dalam mewujudkan pendidikan nilai sebagai upaya mengatasi degradasi nilai moral. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 1(1), 43–56.

Sanusi, A. (2015). Sistem nilai: Alternatif wajah-wajah pendidikan. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tilman, D. (2004). Living value: Activities for children ages 8-14. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.