Urgensi internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran PKn
Abstract
Permasalahan karakter menjadi salah satu permasalahan krusial yang dihadapi oleh hampir seluruh bangsa saat ini. Permasalahan yang perlu menjadi perhatian semua elemen bangsa untuk dapat mengatasinya. Puncak dari lunturnya karakter bangsa adalah terjadinya demoralisasi. Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran strategis dalam upaya menangkal demoralisasi. Salah satu upayanya adalah dengan memaksimalkan proses pembelajaran. Pembelajaran yang sangat dibutuhkan saat ini adalah yang dapat mengintegrasikan karakter dengan mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi (kognitif, fisik, sosial-emosi, dan spiritual). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana urgensi serta pendekatan yang digunakan dalam internalisasi nilai karakter pada pembelajaran PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan komparasi dari berbagai literasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) internalisasi nilai karakter penting dalam pembelajaran PKn guna menumbuhkan kesadaran warganegara untuk mengidentifikasi nilai-nilai mereka dan nilai-nilai orang lain, sehingga mampu memposisikan diri secara proporsional serta cerdas sebagi individu, anggota masyarakat lokal, nasional dan internasional, dan 2) pendekatan yang digunakan terdiri dari pendekatan penanaman nilai (incultation approach), pendekatan perkembangan moral kognitif (cognitive moral development approach), Pendekatan analisis nilai (values analysis approach), dan Pendekatan klarifikasi nilai (values clarification approach).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.