Civic competens berbasis kearifan lokal dalam mata kuliah kewarganegaraan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang

Harry Surahman, Debi Setiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan civics kompetens mahasiswa Prodi Bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang melalui pemgembangan model pembelajaran berbasis kearifan Lokal. Sedangkan Terget penelitian dapat digunakan sebagai role model bagi guru – guru pendidikan kewarganegaraan di Malang dalam mengembangkan civic competens di Sekolah. Model pengembangan penelitian menggunakan 4D yang terdiri dari empat langkah yaitu : tahap define, tahap design, tahap develop dan tahap disseminate.  Tahap define merupakan analisis kebutuhan untuk kepentingan penyususnan draft model pembelajaran, Tahap design merupakan pemilihan format dan penyusunan awal model pembelajaran berbasis kearifan lokal, Tahap develop berisi validasi terhaadap hasil pembelajaran berbasis kearifan lokal, sedangkan tahap disseminate berisi  penggunaan model pembelajaran berbasis kearifan lokal dan modul untuk menguji kefektifitasnya.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan civic competens sebesar 81 % yang diikuti dengan adanya perubahan karekter ke arah positif. Serta adanya perubahan suasana pembelajaran di kelas menjadi lebih bermakna dan hidup. Hal tersebut nampak dari tumbuhnya sikapsaling menghargai dan menghormati pergaulan di dalam kelas maupun di luar, Sikap toleransi yang tinggi terutama dalam perbedaan SARA, Sikap berbagi dengan sesama serta meningkatkan sikap kritis terhadap situasi sekitar. Produk penelitian ini berupa modul pembelajaran mata kuliah kewarganegaaraan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.