Konseptualisasi Warga Negara Demokratis dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan

Fitri Silvia Sofyan, Aris Riswandi Sanusi

Abstract


Permbahasan mengenai warga negara dapat dipandang dalam berbagai dimensi. Berkaitan degan keberadaan warga negara Indonesia, dalam hal ini bisa dikategorikan sebagai masyarakat yang pluralistik dengan kemajemukan yang dimilikinya. Oleh karena itu nilai-nilai demokratis menjadi sesuatu hal yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran tentang konseptualisasi warga negara demokratis dalam perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Melalui metode studi literature ini dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan konsep mengenai warga negara demokratis dalam perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan hasil analisis literature ditemukan fokus kajian yang meliputi: masalah-masalah demokrasi di Indonesia, konseptualisasi dan rekontruksi warga negara demokratis dan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai education in democratic rules.


References


Al-Khansa, B. B., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan: Membangun Masyarakat Demokrasi yang Berkeadaban dari Saat Ini. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1).

Baehaqi Arif, D. (t.t.). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER DEMOKRATIS WARGA NEGARA.

Budimansyah, D., & Suryadi, K. (2008). PKn dan Masyarakat Multikutural (Vol. 1). Prodi Pendidikan Kewarganegaraan.

Haris, S. (2014). Masalah-Masalah Demokrasi dan Kebangsaan Era Reformasi (1 ed., Vol. 1). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Harry Sugara. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wawasan Demokrasi Warga Negara. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 5(1).

Muslih, & Ulfah, R. A. (2019). Urgensi Karakteristik Warga Negara Demokratis pada Abad Ke Dua Puluh Satu. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2). http://e-journal.unipms.ac.id/index.php/citizenship

Nadziroh. (2015). Membangun Masyarakat Demokratis melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Trihayu: Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 2(1), 263–266.

Satriyadi, Amanda Fadilla, P., Khorunnisa, A., Dwi Khairani, Y., Adilla, N., Kesuma, B., Habib Rangkuti, K., Oktari Harahap, A., & Dzaky Labib, M. (2023). Mewujudkan Masyarakat Demokratis melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Educandumedia (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan), 02(01), 79–88.

Syarifah, F. N., Cahyani, H. D., Kamilah, I. N., & Santoso, G. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wawasan Demokrasi Warga Negara. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 01(02), 122–131.

Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan (Riduwan, Ed.; Maret 2011). Alfabeta.

Winataputra, U. S. (2012a). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran) (U. S. dan B. D. Winataputra, Ed.; Vol. 1, hlm. 1–275). Widya Aksara Press.

Winataputra, U. S. (2012b). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis) (Vol. 1). Widya Aksara Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.