Pengembangan karakter demokratis melalui pemanfaatan media pembelajaran digital

Jumiati Nur, Siti Nurul Izza Widia Rahma, Mustaqim Muhallim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pengembangan karakter demokratis pada peserta didik melalui pemanfaatan media pembelajaran digital. Jenis penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu, kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan pengambilan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan  bahwa pengembangan karakter demokratis pada peserta didik melalui pemanfaatan  media pembelajaran digital, yaitu : (1) Menguatnya karakter bijak pada peserta didik pada penggunaan media pembelajaran digital selama proses pembelajaran berlangsung, dengan indikator: (a) memiliki pengendalian diri;    (b) cakap dalam mengelola masalah;  (c)  berfikir kritis dan obyektif; (d) mampu untuk mendengarkan (e) rendah hati.  Kemudian (2) Menguatnya karakter jujur peserta didik pada  penggunaan media pembelajaran digital selama proses pembelajaran berlangsung, dengan indikator: (a) tansparansi atau terbuka pada komunikasi dan informasi; (b) konsisten pada perkataan dan perbuatan; c) Mengakui kesalahan; (d) berani menyampaikan kebenaran; (e) bertindak adil. Hambatan yang di alami selama proses pembelajaran melalui media digital,  secara  internal yaitu keterbatasan kemampuan dan kecemasan teknologi, motivasi dan kedisiplinan rendah, distraksi digital. Secara eksternal yaitu keterbatasan akses teknologi, kurangnya dukungan keluarga (ekonomi), infrastuktur yang kurang memadai.  

References


Ayun, A. F. (2016). Pendidikan Karakter Demokratis di Kelas IV A SD Negeri 1 Jampiroso Temanggung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 26 Tahun Ke-5, 5(26), 2461–2470. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/download/4705/4367

Creswell, J. W. (2014). Research Design (4th ed.). https://www.google.co.id/books/edition/Research_Design/4uB76IC_pOQC?hl=id&gbpv=1&dq=Research+Design+creswell&pg=PA253&printsec=frontcover

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.

Handriyanto, H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Moralitas Peserta Didik. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 59–67. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.6751

Hardhina Renata Fitri, Hulwatun Niswah, Ivo Anggriani Uzi Sabrina Alkalah, C. (2016). E-learning as an Implementation of Character Education for 21st Century. 19(5), 1–23.

Julita, & Dheni Purnasari, P. (2022). Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 227–239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.460

Mahardin, Ahmad Fauzan, Muliati, & Nurmawadah Rahmah. (2022). Pembentukan Karakter Demokratis Melalui Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1342

Miles, M. B., & Huberman, A. Michael Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis:A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publication. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Na’imah, I., & Bawani, I. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Demokratis Di Pondok Pesantren. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 228–236. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.604

Nugraha, I., Sunan, U., Djati Bandung, G., Hasanah, A., Samsul, B., Uin, A., Gunung, S., & Bandung, D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penguatan Karakter Pancasila di Kalangan Pelajar. Nugraha, Ikhwan; Hasanah, Aan; Arifin, Bambang Samsul, 1(3), 158–169. http://dx.doi.org/10.1557/djash.v1i3.21632

Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., & Fithri, N. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958

Rambe, N. A. (2023). Implementasi model role playing untuk meningkatkan nilai- nilai karakter demokrasi dalam pembelajaran pkn. Confrence Of Elementary Studies, 523–531.

Rofek, A., & Azhari, D. (2021). Penanaman Karakter Demokratis Pada Siswa Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Di Kelas 2 Sdn 3 Agel Kecamatan Jangkar Tahun Ajaran 2020/2021. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(1), 37. https://doi.org/10.36841/consilium.v1i1.910

Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT), 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025

Siregar, A., & Sumantri, P. (2024). Pemanfaatan Media Digital dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu di Sekolah Dasar Kak Seto. Education & Learning, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.57251/el.v4i1.1242

Sufyan, Q. A., & Ghofur, A. (2022). Pemanfaatan Digitalisasi Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 62–71. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6531

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung. Alfabeta.

Sukadari. (2020). Peranan Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(1), 75–86. http://journal.upy.ac.id/index.php/PLB/article/view/857

Suriani, A. I. (2022). Kebijakan Literasi Digital Bagi Pengembangan Karakter Peserta Didik. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(1), 54–64. https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i1.7030


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.