Praktek belajar kewarganegaraan berbasis projek

Nur Wahyu Rochmadi

Abstract


Dinamika perkembangan kehidupan bernegara kekinian menuntut setiap warganegara untuk meningkatkan kualitas kapabilitas kewarganegaraannya. Warganegara dituntut untuk meningkatkan civic intelligence, civic responsibility dan civic participation secara intregatif, berkesinambungan serta kontekstual dalam ranah negara maupun dunia (global citizenship). Kondisi tersebut menjadikan tujuan dalam pendidikan kewarganegaraan harus berubah, demikian halnya dengan pembelajarannya. Pembelajaran kewarganegaraan berbasis projek merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu menjadikan peserta didik terlibat (civic participation) secara langsung untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kewarganegaraan kontekstual dalam sebuah projek kewarganegaraan. Keterlibatan peserta didik dalam praktek belajar kewarganegaraan berbasis projek, menuntut adanya kapabilitas pengetahuan kewarganegaraan yang berkualitas serta terbangunnya empati dan tanggungjawab kewarganegaraan untuk berpartisipasi dalam penyelesaian berbagai permasalahan kewarganegaraan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, implementasi praktek belajar kewarganegaraan berbasis projek menjadikan kapabilitas civic intelligence, civic responsibility dan civic participation peserta didik meningkat, demikian halnya dengan kualitas pembelajarannya.

Kata kunci: praktek, belajar, kewarganegaraan, projek


Full Text:

PDF

References


Amador, J. A., Miles, L., & Peters, C. B. (2006). The Practice of Problem-Based Learning: A Guide to Implementing PBL in the College Classroom | Wiley. Anker Publishing Company, Inc.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. In Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Banks, J. A. (1990). Teaching strategis for the social studies: Inquiry, valuing, and decision making. Longman Publishing.

Breslin, T. (2007). The Citizens’ Day Framework Building cohesive, active and engaged communities. www.citizenshipfoundation.org.uk

Buck Institute for Education. (n.d.). What is Project Based Learning? PBLWorks. Diambil 3 September 2020, dari https://www.pblworks.org/what-is-pbl

Condliffe, B., Quint, J., Visher, M. G., Bangser, M. R., Drohojowska, S., Saco, L., & Nelson, E. (2017a). Project-Based Learning: A Literature Review. Mdrc, Building Knowledge to Improve Social Policy.

Condliffe, B., Quint, J., Visher, M. G., Bangser, M. R., Drohojowska, S., Saco, L., & Nelson, E. (2017b). Project-Based Learning A Literature Review Working Paper. www.mdrc.org.

Ellis, A. K. (2010). Teaching and Learning Elementary Social Studies.

Hernandez, M. (2016, Juni 6). Evaluation Within Project-Based Learning. Edutopia. https://www.edutopia.org/blog/evaluating-pbl-michael-hernandez

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013. Balitbang Kemendikbud.

Kiley, M., Mullins, G., Peterson, R., & Rogers, T. (2000). Leap into Problem-based Learning.

Moore, K. D. (2014). (2005). Effective instructional strategies: From theory to practice. In Sage Publications.

Nancy, H. (2001). Using we the people.... programs in social studies teacher education. In J. J. Patrick & R. S. Leming (Ed.), Principles and practices of democracy in the education of social studies teachers (hal. 167–184). ERIC Clearinghouse for Social Studies/Social Science Education, ERIC Clearinghouse for International Civic Education, and Civitas.

Pellegrino, J. W., & Hilton, M. L. (2013). Education for life and work: Developing transferable knowledge and skills in the 21st century. In Education for Life and Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21st Century. https://doi.org/10.17226/13398

Peterson, S. (2012). Using Project Based Learning Approach to Teach Educational Technology.

Reigeluth, C. M. (2015). Instructional theory and technology for the new paradigm of education. In International Handbook of E-learning Volume 1: Theoretical Perspectives and Research. https://doi.org/10.4324/9781315760933

Tim Direktorat Pembinaan SMP. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. http://ditpsmp.kemdikbud.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.