Penguatan literasi digital untuk membentuk karakter kewarganegaraan digital melalui pendidikan kewarganegaraan

Esty Rahmayanti

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan tersebut telah menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi kehidupan warga negara khusunya dalam praktik kewarganegaraan. Berbagai kalangan menikmati kemudahan dalam mengakses suatu informasi dan dapat menikmati fasilitas dari teknologi digital dengan bebas. Namun disayangkan semakin berkembangnya teknologi justru semakin banyaknya kejahatan yang terdeteksi, seperti berita atau informasi hoaks, ujaran kebencian, dan perilaku intoleran yang dapat dengan mudah ditemui di media sosial. Oleh karena itu, literasi digital diperlukan agar masyarakat memiliki sikap kritis dalam menyingkapi setiap informasi dan interaksi yang ada. Literasi digital diharapkan akan membentuk warga negara yang bertanggungjawab di tengah informasi yang banyak dan bertebaran melalui media digital supaya warga negara bertanggung jawab dan bisa menilai sumber yang kredibel, memilah informasi dengan rasional dan logis, serta tidak emosional. Warga negara perlu dibekali karakteristik dan keterampilan hidup di era digital salah satunya melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai value based education berperan penting untuk membentuk kewarganegaraan digital, sehingga warga negara dapat menggunakan internet secara etis dan bertanggung jawab.

Kata kunci: literasi digital, kewarganegaraan digital, pendidikan kewarganegaraan


Full Text:

PDF

References


Chan, C., Lei, W., & Lena, X. (2014). A Study of Video Effects on English Listening Comprehension. Studies in Literature and Language, 8(2), 53–58. https://doi.org/10.3968/4348

David, B. (2001). Information and digital literacies: a review of concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218–259. https://doi.org/10.1108/EUM0000000007083

Feriansyah. (2015). Warganegara Digital sebagai Instrumen Warga Negara Global. JPIS, 24(1).

Kerr, D. (1999a). Citizenship education : an international comparison. National Foundation for Education Research (NFER).

Kerr, D. (1999b). Citizenship education in the curriculum: An international review. The School Field, X(3–4), 5–32.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi media digital mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66. http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069

Martens, H., & Hobbs, R. (2015). How media literacy supports civic engagement in a digital age. Atlantic Journal of Communication, 23(2), 120–137. https://doi.org/10.1080/15456870.2014.961636

Mcgillivray, D., Mcpherson, G., Jones, J., & Mccandlish, & A. (2015). Leisure Studies Young people, digital media making and critical digital citizenship. https://doi.org/10.1080/02614367.2015.1062041

Mossberger, K., Tolbert, C. J., & Mcneal, R. S. (2008). Digital citizenship. The internet, society, and participation. The MIT Press. http://mitpress.mit.edu

Nicholas, D., & Fieldhouse, M. (2008). The google generation: The information behaviour of the researcher of the future. Aslib Proceedings.

Pawluczuk, A., Hall, H., Webster, G., & Smith, C. (2020). Youth digital participation: Measuring social impact. Journal of Librarianship and Information Science, 52(1), 3–15. https://doi.org/10.1177/0961000618769975

Pritanova, N. P. dan N. (2019). Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja Nani. Jurnal iIlmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1–24. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ribble, M., & Bailey, G. D. (2007). Digital citizenship. International Society for Technology in Education.

Sassen, S. (2001). Global Cities and Developmentalist States: How to Derail What Could Be an Interesting Debate: A Response to Hill and Kim. Urban Studies, 38(13), 2537–2540. https://doi.org/10.1080/00420980120094650

Winarno. (2013). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Isi, strategi dan penilaian. PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.