Interaksi Sosial Anak Asuh dalam Pembinaan Kepribadian di Panti Asuhan Yatim Putri Islam

Elsa Febysaputri, Supriyadi Supriyadi

Abstract


Panti Asuhan merupakan sebuah yayasan yang didirikan dalam upaya pemenuhan kesejahteraan dan perlindungan hak-hak anak. Anak dalam proses perkembangannya memerlukan berbagai kebutuhan baik itu  fisik, psikis dan sosial. Dalam hal ini peran panti sangat penting dalam memenuhi kebutuhan fisik, sosial dan psikis, karena tidak semua orangtua mampu untuk memberikan kebutuhan anak yang diperlukan. Pemenuhan kebutuhan dilakukan dengan membina anak asuh dalam berbagai program pembinaan. Program pembinaan yang dilakukan merupakan sebuah upaya dalam membentuk kepribadian anak asuh. Proses pembentukan kepribadian terjadi jika interaksi sosial yang terjadi di lingkungan panti dapat terbentuk dengan baik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi sosial anak asuh dalam pembinaan kepribadian di Panti Asuhan Yatim Putri Islam.Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah interaksi sosial anak asuh dalam pembinaan kepribadian di Panti Asuhan Yatim Putri Islam.Subyek dalam penelitian ini (1) Pengasuh (2) Pembimbing (3) Anak asuh .Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan data primer dan sekunder.Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) interaksi sosial yang terjadi antar anak asuh dengan pengasuh ataupun dengan sesama anak asuh ialah interaksi sosial asosiatif yang berbentuk kerjasama 2) interaksi sosial yang berbentuk kerjasama itu terjadi dalam program pembinaan kepribadian anak asuh di Panti Asuhan Yatim Putri Islam.

Kata kunci: interaksi sosial, anak asuh, pembinaan kepribadian


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.