Pengetahuan Demokrasi Peserta Didik Terhadap Partisipasi Pemilihan Ketua OSIS Secara Serentak di Kabupaten Bantul

Febri Eka Safitri, Trisna Sukmayadi

Abstract


SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul Yogyakarta merupakan salah satu sekolah menengah pertama muhammadiyah yang berada dikawasan Imogiri Bantul. Di sekolah peserta didik selain belajar untuk menuntut ilmu juga sebagai jembatan para peserta didik untuk menggali pengalaman. Di sekolah terdapat banyak seklai organisasi yang akan memberikan ilmu dan pengalaman bagi peserta didik, tergantung peserta didik akan memilih yang manakah yang sesuai dengan keinginan mereka. SMP Muhammadiyah Imogiri sebelum tahun 2017 belum diadakan pemilihan ketua OSIS, adanya organisasi IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah). Namun, setelah keputusan dari Bupati Bantul, bahwa seluruh sekolah Menengah Pertama/Sederajat maupun sekolah Menengah Atas/Sederajat akan diadakan pemilihan ketua OSIS Secara Serentak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan demokrasi yang dimiliki peserta didik yang ikut serta dalam kegiatan pemilihan ketua OSIS, dan pengetahuan peserta didik mengenai pemilihan ketua OSIS secara serentak. Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn, Pembina OSIS, dan peserta didik baik yang mengikuti OSIS maupun yang tidak mengikuti OSIS. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penguatan pengetahuan demokrasi melalui pemilihan ketua OSIS secara serentak di SMP Muahammadiyah Imogiri Bantul Yogyakarta. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi, dam dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif, yaitu teknik analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, pengumpulan data, display data dan verifikasi/penegasan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, pelaksanaan kegiatan OSIS yang sudah dilakukan di SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul Yogyakarta bahwasannya peserta didik memang kebanyakan belum begitu memahami apa arti dari demokrasi dan manfaatnya dalam membantu kegiatan OSIS. Ini terbukti ketika peneliti melakukan wawancara secara langsung kepada peserta didik. Kegiatan OSIS sebenarnya sangat bermanfaat bagi peserta didik sebagai pembelajaran. OSIS sangat berperan sebagai sarana dan wadah dalam kegiatan yang positif bagi peserta didik.

Kata Kunci : Pengetahuan Demokrasi, Partisipasi Peserta didik, Pemilihan Ketua OSIS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.