STUDI TENTANG PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN IKN PADA MAHASISWA PPKn UAD ANGKATAN 2015

Fadly Djaha, Trisna Sukmayadi

Abstract


Sebagian besar mahasiswa telah menggantungkan hidupnya pada smartphone dengan berbagai alasan seperti membantu mengerjakan tugas, mencari ilmu pengetahuan, mencari sumber bacaan, dan mengikuti perkembangan. Namun tanpa disadari, ketergantungan terhadap smartphone yang dianggap sebagai penunjang studi dapat menjadi penghambat jika tidak digunakan sesuai dengan fungsi yang sebenarnya dan dengan bijaksana. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan smartphone sebagai alat komunikasi dan media pembelajaran IKn Pada Mahasiswa PPKn UAD Angkatan 2015. Jenis penelitian pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian mahasiswa PPKn UAD angkatan tahun 2015. Objek penelitian smartphone sebagai alat komunikasi dan media pembelajaran IKn bagi mahasiswa angkatan tahun 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik, trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) smartphone dimanfaatkan sebagai sebagai alat komunikasi, edukasi, bisnis, sumber inspirasi dan referensi. (2) Dosen menganjurkan mahasiswa menggunakan smartphone untuk membantu memudahkan mahasiswa mengakses referensi pendukung lain sebagai sumber bacaan,sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Tugas kuliah yang menggunakan smartphone adalah IKN, media pembelajaran,pendidikan multicultural dan juga hukum internasional.(3) Dampak positf penggunaan smartphone adalah semakin banyak informasi yang diperoleh karena dapat menemukan referensi untuk rujukan pembelajaran maupun penulisan karya ilmiah. Dampak negatifnya adalah menjadikan penggunanya menjadi pemalas,sehingga malas membaca buku dan lain-lain. Penggunaan smartphone juga menjadikan ketergantungan mahasiswa terhadap smartphones sehingga minat belajar berkurang dan juga cenderung untuk tidak berpikir. Smartphone dapat mengganggu kesehatan penggunanya, terutama kesehatan mata. Sedangkan dalam hal etika komunikasi, mahasiswa cenderung lebih bersikap individual.

 

Kata kunci : Smartphone, Komunikasi, Media, Pembelajaran, IKn.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.