Persepsi Mahasiswa dan Dosen Tentang Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp untuk Media Pembelajaran di Program Studi PPKn FKIP UAD

Ilham Saputra, Dikdik Baehaqi Arif

Abstract


Kehadiran media sosial telah menambah sarana penyebaran informasi, opini publik, dinamika percakapan dan diskusi, bahkan telah mengubah perilaku dan gaya hidup masyarakat, khususnya di wilayah-wilayah yang telah terjangkau infrastruktur komunikasi dan informatika. Banyak cara yang ditawarkan dalam suatu aplikasi media sosial yang memudahkan penggunanya dalam berinteraksi satu dengan yang lainya. Salah satu aplikasi yang memudahkan orang lain untuk berinteraksi adalah WhatsApp. WahtsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone. Jika dilihat dari fungsinya WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa digunakan di ponsel, hanya saja pada aplikasi WhatsApp memiliki fitur-fitur keunggulan seperti mengirim video, foto, file document, WahstApp Group, Voice Chat dan lain-lain. Pada Program Studi PPKn FKIP UAD, WhatsApp baru digunakan sebatas media berkirim pesan, berkirim foto, gambar, video, dokumen antara mahasiswa ke mahasiswa dan mahasiswa ke dosen. Tidak hanya itu, belum ada mata kuliah yang memanfaatkan atau menggunakan WhatsApp sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa dan dosen tentang pemanfaatan aplikasi media sosial WhatsApp sebagai media pembelajaran program studi PPKn FKIP UAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang, terdiri dari 38 mahasiwa dan 2 dosen Program Studi PPKn FKIP UAD. Pengumpulan data menggunakan kuesoner (angket). Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan persiapan, tabulasi, penerepan data disesuaikan dengan pendekatan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai interpretasi persepsi mahasiswa dan dosen tentang media pembelajaran pembelajaran adalah sangat setuju, yaitu dengan mean 3,328 yang berarti sesuai dengan rumus interval dikategorikan sangat tinggi. Selanjutnya, nilai interpretasi skor persepsi mahasiswa dan dosen tentang media sosial adalah sangat setuju, yaitu dengan mean 3,695 yang berarti sesuai dengan rumus interval dikategorikan sangat tinggi dan nilai interpretasi skor persepsi mahasiswa dan dosen tentang pemanfaatan WahtsApp untuk media pembelajaran adalah setuju, yaitu dengan mean 3,018 yang berarti sesuai dengan rumus interval dikategorikan tinggi.

Kata Kunci: WhatsApp, Media Sosial, Media Pembelajaran PPKn


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.