Kepatuhan Hukum Siswa Terhadap Tata Tertib di SMA Negeri 1 Kretek Bantul Tahun Ajaran 2017/2018

Ririn Andriani, Anom Wahyu Asmorojati

Abstract


Zaman saat ini yang semakin berkembang dan diikuti dengan merosotnya perilaku siswa yang menyebabkan maraknya penyimpangan yang dilakukan oleh siswa disekolahnya. Untuk mencegah maraknya penyimpangan yang dilakukan oleh siswa perlu adanya sarana untuk dapat membatasi gerak mereka dengan melakukan hal-hal yang positif. Sarana tersebut salah satunya adalah tata tertib sekolah, dengan pembiasaan mentaati tata tertib sekolah secara berlahan akan membentuk sikap dan perilaku siswa sehingga siswa menjadi insan yang memiliki akhlak yang mulia. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan kepatuhan hukum siswa pada tata tertib sekolah, apakah hasil dari pelaksanaan tata tertib dapat membentuk kepatuhan hukum pada siswa, dan apa upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji proses pelaksanaan kepatuhan hukum pada tata tertib sekolah. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif analisis deskriptif, dengan subjek kepala sekolah, guru bk, guru mata pealajaran, dan 7 siswa. Objek dalam penelitian ini kepatuhan siswa pada tata tertib di SMA Negeri 1 Kretek. Metode teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kepatuhan hukum siswa pada tata tertib di SMA Negeri 1 Kretek bantul masih adanya ada pelanggaran kecil (ringan) saja yaitu ketika siswa ada beberapa siswa yang terlambat hingga tidak memasukan seragam kecelana/rok. Tidak memakai sepatu hitam, terkadang ada siswa yang lupa memakai seragam berbeda. Faktor yang merupakan dasar kepatuhan hukum siswa pada tata tertib adalah intergralist, dan tipe kepatuhannya tergolong pada conformist dan untuk kaitannya dengan kepatuhan hukumnya penelitian ini juga mengacu pada prespektif literatur kepatuhan hukum yang normatif. (2) upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk membina kepatuhan siswa pada tata tertib kedepannya adalah biasanya sekolah dengan upaya preventif dengan cara membina siswa pada tata tertib sekolah menjadi perhatian yang sangat penting dalam rangka menciptakan sekolah yang aman, tentram dan damai. Diantaranya pemberian/penyampaian sosialisasi tentang pentingnya kepatuhan hukum siswa pada tata tertib di sekolah, pemeriksaan secara insidentiil, pengawasan individu (pengawasan/kontrol yang ketat), pemberian sanksi yang tegas terhadap pelaku pelanggaran.

Kata Kunci: Kepatuhan, Hukum, Tata Tertib


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.