Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII Di SMP Negeri 11 Yogyakarta

Siti Munadah, Susena Susena

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Penggunaan media yang masih monoton ini akan memberikan dampak kepada peserta didik jenuh dalam pembelajaran yang hanya mendengarkan ceramah dari guru. Sehingga peserta didik ada yang gaduh di dalam kelas dan beberapa peserta didik sulit untuk diatur. Tujuan dari penelitian pengembangan media ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Sparkol Video scribe pada mata pelajaran PPKn dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media video scribe dalam proses pembelajaran untuk siswa kelas VII di SMP N 11 Yogyakarta. Penelitian ini   merupakan penelitian  pengembangan (R&D) dan prosedur pengembangan yang dilakukan yaitu mengidentifikasi potensi dan masalah, Pengumpulan data, desain produk, validasi produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produk final atau akhir. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 11 Yogyakarta yang dilakukan pada bulan April – Mei 2018. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengisi angket dan pengisian lembar angket ini diakulakukan oleh ahli media, ahli materi dan peserta didik untuk mengetahui respon terhadap media  pembelajaran. Hasil dari kelayakan media pembelajaran video scribe memiliki kategori penilaian baik sekali. Hasil yang diperoleh berdasarkan penilaian ahli media; 75, 7 dan ahli materi; 85, 4 sedangkan  uji coba produk (kelompok kecil); 90, 4  dan uji coba pemakaian (kelompok besar); 85, 1. Nialia rata – rata dari keseluruhan penilian yaitu 84, 15 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis video scribe pada mata pelajaran PPKn layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran PPKn kelas VII SMP.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe, Mata Pelajaran PPKn


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.