BENTUK-BENTUK KEDISIPLINAN BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Anggit Setiyoko, sumaryati sumaryati

Abstract


Di era milenial kedisiplinnan siswa perlu diperhatikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Hal tersebut disebabkan banyaknya pelanggaran disiplin di sekolah, seperti tidak mengikuti ulangan harian, tidak mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru, serta tidak memiliki semngat dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kedisiplinan belajar dalam proses pembelajaran PPKn oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru PPKn kelas VIII dan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Sedangkan objek penelitiannya adalah bentuk-bentuk kedisiplinan belajar dalam proses pembelajaran PPKn kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bentuk kedisiplinan sebagai berikut : (1) Mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu, mayoritas siswa mengumpulkan tugas kepada guru, terdapat beberapa siswa yang terlambat dalam mengumpulkan tugas. Selain itu, guru memberikan sanksi kepada siswa ketika ada siswa yang telat dalam mengumpulkan tugas. (2) Siswa memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru, siswa mayoritas memperhatikan guru menjelaskan dan dapat menjawab ketika diberikan pertanyaan. (3) Penuh tanggung jawab, hal tersebut terlihat dari kedisiplinan siswa yang mayoritas mengumpulkan tugas tepat waktu, menerima sanksi dari guru jika tidak displin. (4) Mentaati peraturan, hal tersebut ditunjukkan dengan tidak adanya siswa yang keluar masuk kelas tanpa seizin guru. (5) Rajin dan aktif dalam mengikuti pembelajaran PPKn, hal tersebut terlihat dari siswa yang menjawab pertanyaan guru, memperhatikan guru mengajar, mengerjakan tugas, dan sebagian besar siswa yang memperhatikan kerapian penulisan.

Kata kunci : kedisiplinan, pembelajaran, siswa, PPKn.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.