Penanaman Sikap Toleransi Melalui Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Banguntapan

Syaifullah Syaifullah, Syifa Siti Aulia

Abstract


Toleransi adalah sikap yang harus ditanamkan oleh setiap warga negara, Mata pelajaran PPKn adalah solusi yang paling tepat dalam menanamkan sikap toleransi kepada peserta didik di sekolah, karena mata pelajaran PPKn merupakan mata pelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai pancasila, yang mengajarkan tentang toleransi dalam kebihnekaan  dari berbagai permasalahan toleransi di Indonesia, peneliti tertarik dengan kehidupan toleransi yang terdapat di SMP Negeri 1 Banguntapan, sekolah dengan mayoritas beragama islam namun menjunjung sikap toleransi. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti tentang strategi apa yang dipakai guru mata pelajaran PPKn dalam penanaman sikap toleransi dan apa saja yang menjadi kendala bagi guru dalam penanaman sikap toleransi kepada pesrta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif, Instrumen penelitian ini adalah berupa observasi,   wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan deskripstif kualitatif  reduksi data, display data dan verifikasi atau penegasan kesimpulan penyajian dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, sikap toleransi yang ditanamkan oleh guru mata pelajaran PPKn adalah melatih Peserta didik untuk melihat perbedaan, melatih peserta didik untuk menghormati pendapat orang lain, melatih peserta didik untuk tidak mebedakan perlakuan terhadap orang lain dan menumbuhkan sikap kasih sayang, bijak dan adil kepada peserta didik. Penanaman sikap toleransi kepada peserta didik, guru mata pelajaran PPKn menggunakan berbagai  macam strategi. Strategi yang dipakai guru mata pelajaran PPKn adalah pembagian kelompok, diskusi, menegur, menesehati, serta memberikan teladan dalam bersikap toleransi kepada peserta didik.

Kata kunci: Toleransi, Permasalahan Toleransi, Penanaman Sikap Toleransi, Ppkn,  Guru Mata Pelajaran Ppkn Dalam Penanaman Sikap Toleransi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.