Penguatan Konsep Green Moral dalam Program Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul

Tomah Ayuningtias, Syifa Siti Aulia

Abstract


Penguatan konsep green moral dalam program sekolah adiwiyata adalah untuk meningkatkan rasa tanggung jawab warga negara terhadap pelestarian lingkungan hidup mulai sejak dini, mengacu pada nilai-nilai Pancasila untuk sopan santun, bersih, mencintai lingkungan, menjaga lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan konsep green moral dalam program sekolah adiwiyata di SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan konsep green moral meliputi (1) nilai kemandirian, nilai kekeluargaan dan keanekaragaman budaya indonesia dalam pelestarian lingkungan hidup; (2) kesadaran terhadap lingkungan hidup; (3) nilai-nilai Pancasila sebagai landasan pencapaian lingkungan hidup; (4) etika lingkungan hidup di sekolah dan (5) partisipasi siswa dalam pelestarian lingkungan di sekolah. Pelaksanaan program Adiwiyata sudah baik dan ditingkatkan lagi dengan partisipasi aktif siswa untuk mengikuti berbagai kegiatan program adiwiyata supaya mewujudkan siswa yang mempunyai kesadaran dan kepekaan terhadap lingkungan hidup dengan tetap berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Kata kunci:Konsep Green Moral, Partisipasi, Kepedulian, Nilai Pancasila, Siswa, Program Adiwiyata


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.