NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL YANG TERKANDUNG DALAM TRADISI MACANAN (Studi Kasus di Desa Adiraja, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah)

Meyva Tristiana, Trisna Sukmayadi

Abstract


Tradisi Macanan merupakan salah satu kebudayaan yang menjadi ciri khas desa Adiraja. Tradisi ini sudah ada sejak zaman nenek moyang hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarh, makna, prosesi pelaksanaan upacara adat dan nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam tradisi Macanan.hal yang melatar belakangi diadakannya penelitian ini adalah ada kecenderungan masyarakat kurang mencintai dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi dikarenakan perkembangan zaman dan kemanjuan teknologi.

Penelitian ini dilaksanakan di desa Adiraja, kecamatan Adipala, kabupaten Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini diambil dari pengurus paguyuban resik kubur jerotengah (PRKJ) dan ketua adat atau sesepuh adat. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan melalui lima tahap yaitu reduksi data, klasifikasi data, penyajian data, penafsiran data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tradisi Macanan merupakan tradisi yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu yang dibawa oleh leluhurnya yaitu Ki Bonokeling dan Ki Majacandra, makna yang terkandung dalam upacara adat tradisi Macanan ini adalah sebagai bentuk perwujudan masyarakat untuk meminta keselamatan baik di dunia maupun di akherat kepada Tuhan YME, selain itu juga ungkapan rasa bersyukur atas apa yang telah mereka dapatkan dalam hidupnya. (2) Tradisi Macanan ini dilaksanakan setiap bulan Sura, Maulud, Sadran, Syawal, dan Besar. Pelaksanaan upacara tradisi Macanan ada berbagai kegiatan dari kegiatan bersih makam, berdo’a dan dilanjutkan selamatan pacitan dan tumpeng. (3) dalam tradisi Macanan ini mengandung beberapa unsur nilai kearifan lokal yaitu nilai religius, nilai kepedulian sosial, nilai kesopanan dan nilai keindahan.

 

Katakunci: Nilai, kearifan lokal, tradisi Macanan

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.