IMPLEMENTASI NILAI KEMANUSIAAN MELALUI BUDAYA WIWITAN DI DUSUN JATEN ARGOSARI SEDAYU BANTUL

Catur Ichsannudin, Syifa Siti Aulia

Abstract


Nilai Kemanusiaan adalah nilai mengenai harkat dan martabat manusia, Nilai kemanusiaan selalu di idamkan oleh setiap umat manusia, karena nilai kemanusiaan ini mampu menjadi landasan dalam mengatur dan menjaga kelangsungan hidup umat manusia, akan tetapi seiring dengan modernisasi zaman prinsip nilai kemanusiaan semakin pudar dan ditinggalkan oleh umat manusia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana mengetahui Implementasi Nilai Kemanusiaan Melalui Budaya Wiwitan Di Dusun Jaten Argosari Sedayu Bantul.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Masyarakat Dusun Jaten Argosari Sedayu Bantul. Objek penelitian adalah implementasi nilai kemanusiaan melalui budaya wiwitan di Dusun Jaten Argosari Sedayu Bantul. Adapun pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan tradisi wiwitan di Dusun Jaten Argosari Sedayu Bantul Yogyakarta dibagi menjadi tiga tahap yaitu proses persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Warga masyarakat Dusun Jaten memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan tradisi wiwitan yang dilakukan oleh seluruh warga masyarakat, mereka dengan sungguh-sungguh mempersiapkan diri sebelum mengikuti prosedur tradisi wiwitan yang akan dilaksanakan oleh warga masyarakat Dusun Jaten. Nilai kemanusiaan yang tergambar dalam pelaksanaan tradisi wiwitan di Dusun Jaten Argosari Sedayu Bantul terungkap tentang kesukarelaan warga dalam mengikuti tradisi wiwitan, dapat membangun rasa semangat dalam melaksanakan gotong-royong dan meningkatkan kepedulian warga, dan meningkatkan nilai kekeluargaan.

Kata Kunci : Implementasi, Nilai Kemanusiaan, Tradisi Wiwitan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.