Relevansi nilai-nilai tradisi sedekah laut di pesisir Pantai Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi dengan nilai Pancasila

Ardi Afriansyah, Cecep Wijaya

Abstract


Krisis pada identitas diri yang bersifat publik mencerminkan kelalaian dunia pendidikan dan pembudayaan mengembangkan kecerdasan kewargaan, pendidikan terlalu menekankan kecerdasan individu dengan mengabaikan usaha menautkan keragaman kecerdasan personal ke dalam kecerdasan kolektif kewargaan. Akibatnya, banyak masyarakat yang tidak sadar akan kewajiban dan haknya. Selain itu juga banyaknya perilaku yang tidak mencerminkan keadaban dalam bermasyarakat. Akhir-akhir ini, hujatan, hinaan, makian bahkan ancaman, demikian mudah ditemui di berbagai tempat pada ranah publik di sejumlah wilayah negeri tercinta ini. Di media sosial, banyak orang mengunggah foto, karikatur, ungkapan, atau lainnya yang merepresentasikan atau dapat memicu kebencian dan ketersinggungan. Oleh karena itu, pendidikan kecerdasan kewargaan berlandaskan Pancasila merupakan solusi terbaik untuk membentuk keadaban publik. Pengembangan kecerdasan kewargaan lebih fundamental bagi suatu bangsa, untuk itu perlu dikembangkan suatu literasi yang mampu mengantarkan untuk mencapai hidup yang lebih mulia dan beradab, yaitu literasi humanitas. Literasi humanitas merupakan muara dari literasi data dan teknologi bagi pembelajar abad 21 untuk kehidupan yang lebih mulia dan beradab. Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran sentral dalam membangun kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya pengembangan literasi manusia. Metode yang digunakan dalam analisis pembahasan ini adalah studi pustaka. Dalam artikel ini membahas tentang kecerdasan kewargaan suatu tantangan, literasi humanitas sebagai solusi proses pendidikan kecerdasan kewargaan, dan pengembangan kecerdasan kewargaan melalui literasi humanitas dan peran literasi humanitas membentuk keadaban publik dalam konteks Indonesia.

References


Alvermann, D. E. (2002). Effective Literacy Instruction for Adolescents. Journal of Literacy Research, 34(2), 189–208. https://doi.org/10.1207/s15548430jlr3402_4

Anggresta, V. (2019). Literasi Manusia Untuk Menyiapkan Mahasiswa Yang Kompetitif Di Era Industri 4.0. Ilmiah Kependidikan, 6(3), 217–222.

Budimansyah, D. (2008). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat. Educationist, 2(1), 56–63. Diambil dari http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/educationist/article/view/35

Budimansyah, D. (2021). Kecerdasan Kewargaan (Vol. 3, hal. 1–12). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Budimansyah, D., Suharto, N., & Nurulpaik, I. (2019). Proyek Belajar Karakter Untuk Mengembangkan Literasi Baru Abad 21. Gapura Press (Cetakan pe, Vol. 1). Bandung: Gapura Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Davenport, C. A., Watson, M., & Cannon, J. E. (2019). Single-Case Design Research on Early Literacy Skills of Learners Who Are d/Deaf and Hard of Hearing. Journal American Annals of the Deaf, 164(3), 363–380. https://doi.org/10.1353/aad.2019.0018

Deliani, S., Sulistyawati, S., & Kurniawan, B. (2018). Pembentukan Karakter Melalui Literasi dari Aspek Satra dan Budaya di Desa Manik Maraja Kec Sarimatondang Kabupaten Sidamanik. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (hal. 156–160).

Diaz, S., & Walsh, A. (2018). Promoting Evidence-Based Practice and Information Literacy through an Undergraduate Nursing Journal Club. Journal Pennsylvania Libraries: Research & Practice, 6(1), 23–38. https://doi.org/10.5195/palrap.2018.171

Fu’adi, A. (2016). Peran Pendidikan Agama Dalam Membentuk Manusia Yang Berkeadaban Publik. Millah, XI(2), 559–578. https://doi.org/10.20885/millah.volxi.iss2.art11

Gaj, N., & Machtinger, E. (2006). Understandings of literacy. Journal Education for All Global Monitoring Report 2 0 0 6, 14(10/11), 1–13. https://doi.org/10.2307/4022716

Glover, J. (2003). Humanity: A Moral History of the Twentieth Century (review). Hypatia (Vol. 18). London: YALE NOTA BENE YALE UNIVERSITY PRESS NEW HAVEN AND LONDON. https://doi.org/10.1353/hyp.2003.0041

Khlaisang, J., & Koraneekij, P. (2019). Open online assessment management system platform and instrument to enhance the information, media, and ICT literacy skills of 21 st century learners. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(7), 111–127. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i07.9953

Latif, Y. (2015). Kecerdasan Kewargaan. Kompas , 6 Oktober 2015.

Masrukhi. (2018). Pengembangan Civic Intelligence Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. Jurnal Integralistik, 29(1), 14–15.

Muktaf, Z. M. (2016). T eknik Penelitian Studi Kasus , Etnografi dan Fenomenologi dalam Metode Kualitatif. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–5.

Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding STKIP Agama Hindu Amlapura 2019 (hal. 88–102). Denpasar.

Munif, J. A. (2017). Robohnya keadaban publik. Beritagar, 14 Agustus 2017.

Qiyou, S. (2017). Research on Humanistic Literacy Education for Higher Vocational Student Majoring in Art Design. In 2016 International Conference on Humanities Science, Management and Education Technology (HSMET 2016) ISBN: 978-1-60595-394-6 (hal. 115–119). https://doi.org/10.12783/dtssehs/hsmet2016/10265

Rohman, B., & Jarudin. (2021). Android Based Interactive Media For Civic Intellegence Diffusion In Al Quran Perspective. Journal Of Southwest Jiaotong University, Vol 56 No(2005), 1–21.

Sanjayanti, Qondias, Wardana, & Darmayanti. (2018). Diagnosa Literasi Humanistik dalam Model Pembelajaran Konstruktivis pada Mahasiswa Politeknik Ganesha Guru. In Seminar Nasional Riset Inovatif 2018 (hal. 92–96). Mataram: Senari-6.

Schuler, D. (2014). Pieces of Civic Intelligence: Towards a capacities framework. E-Learning and Digital Media, 11(5), 518–529. https://doi.org/10.2304/elea.2014.11.5.518

Somantri, M. N., & Saripudin Winataputra, U. (2017). Disiplin Pendidikan Kewarganegaraan: Kultur Akademis dan Pedagogis. (Sapriya & R. Machfiroh, Ed.) (Edisi pert). Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia.

Somantri, M. N., & Udin Saripudin Winataputra. (2017). Disiplin Pendidikan Kewarganegaraan Kultur Akademik dan Pedagogis. (Sapriya, Ed.) (Edisi pert). Bandung: Penerbit Laboratorium PKn, Bandung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatis, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tornero, J. M. P., & Varis, T. (2010). Media Literacy and New Humanism. Director. Moscow: Published by the UNESCO Institute for Information Technologies in Education.

Varis, T. (2010). Towards global education : The need for the 21st century literacies. International Conference IITE-2010, 1–12. Diambil dari http://www.iite.unesco.org/files/conference2010/Towards global education.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.