Menguatkan pendidikan toleransi dan demokrasi bagi pemilih pemula dalam perspektif pendidikan kewarganegaraan global untuk menumbuhkan warga negara cerdas

Asep Mahpudz, Roy Kulyawan, Taufiq Eka Riandana

Abstract


Pemilih pemula merupakan salah satu isu penting yang mendapat perhatian bagi penyelenggara pemilu maupun peserta pemilu. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan tentang langkah transformasi demokrasi dalam masyarakat Indonesia yang memerlukan konsepsi yang benar dan bermakna, dan didukung oleh sarana pendidikan yang tepat sasaran, tepat strategi. Metode kajian yang digunakan dengan pendekatan kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dengan memanfaatkan dokumen beberapa artikel, manuskrip, buku untuk dianalisis. Proses analisis data menggunakan metode analisis isi. Hasil kajian menunjukan bahwa warga negara muda penting diberikan pembekalan agar memiliki literasi politik. Salah satu cara yang efektif melalui sarana pendidikan pemilih. Pendidikan pemilih sebagai sumber pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan partisipasi politik peserta didik. Partisipasi aktif warga negara dalam aktivitas politik merupakan salah satu ukuran dalam keefektifan proses demokratisasi. Salah satu aspek yang layak ditekankan pada Pendidikan Kewarganegaraan global adalah agar setiap warganegara, terutama warganegara muda mampu berperan sebagai warga negara yang cerdas, demokratis, dan berwatak serta berkeadaban.

Full Text:

PDF

References


Aeni, E. T. (2021). Pembentukan Sikap Toleransi dan Bersahabat dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD/MI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 39–50. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a4.2021

Azirah. (2019). Partisipasi Politik Pemilih pemula dalam Pesta Demokrasi. Politica, 6(2), 86–100.

Budiwan, J., & Fadrusiana, E. G. (2019). Pembelajaran PPKN di Perguruan Tinggi Sebagai Alternatif Pendidikan Demokrasi, Hak Asasi Manusia dalam Upaya Membangun Masyarakat Madani. Qalamuna, 11(2), 73–88.

Fitriyah, F., Alfirdaus, L. K., & Manar, D. G. (2021). Partisipasi Politik dan Pemilih Muda: Konteks Pilgub Jateng 2018 dan Pilkada 2019 di Kabupaten Temanggung. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.14710/politika.12.1.2021.1-10

Gumilar, Y. (2019). Model Partisipasi Politik pemilih Pemula (studi tentang pemilihan kepala daerah Kota Bandung). SOSPOL: Jurnal Sosial Dan Politik, XXIV(1), 60–74.

Hariyanti. (2017). Pendidikan Pemilih Sebagai Sumber Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Peserta Didik.

Harnom, F., Syahrizal, S., & Valentina, T. R. (2019). Pendidikan Politik Bagi Pemilih Milenial Dalam Memahami Bahaya Vote Broker Oleh KPU. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(1), 1. https://doi.org/10.31604/jips.v6i1.2019.1-10

Irma, & Fajriyah, N. (2021). Rendahnya Partisipasi Politik Pemula pada Pemilihan Umum. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 1(1), 110–114.

Iskandar, D., & Marlina, N. (2019). Pendidikan Pemilih Muda Cerdas Di Kabupaten Boyolali. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(01), 12–18. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/view/4713

Japar, M., Irawaty, I., & Fadhillah, D. N. (2019). Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 94–104. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.8204

Krippendorff, K. (2004). Content Analysis an Introduction to its Methodology. In Physical Review B (Vol. 31, Issue 6). Sage Publications, Inc California. https://doi.org/10.1103/PhysRevB.31.3460

Kurniawansyah, E., & Alqadri, B. (2021). Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Pemilih Pemula Pada Pilkada Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 286–292.

Lestari, E. Y., & Arumsari, N. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula pada Pemilihan walikota Semarang di Kota Semarang. Integralistik, 1, 63–72.

Masduki, H. (2016). Pluralisme dan Multikulturalisme dalam Perspektif Kerukunan Antar Umat Beragama. Dimensi, 9(1), 15–23.

Muhtaj, M. El, Siregar, M. F., PA, R. B. B., & Rachman, F. (2020). Literasi Hak Asasi manusia dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal HAM, 11(3), 369–386. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11

Novianty, F., & Firmansyah, S. (2020). Peran Dosen Program Studi Ppkn Dalam Mengembangkan Budaya Demokrasi Pancasila Dalam Pemilu Serentak Tahun 2019. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 70. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1793

Nur, S., & Sudarsono. (2018). Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Pembelajaran IPS : Studi Kasus SMA Negeri 6 Takalar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan Sosiologi, VI(1), 95–103. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2585

Pahlevi, M. E. T. P., & Amrurobbi, A. A. (2020). Pendidikan Politik dalam Pencegahan Politik Uang Melalui Gerakan Masyarakat Desa. INTEGRITAS: Jurnal Antikorupsi, 6(1), 141–152.

Rafifah, T., & Dewi, D. A. (2021). Mengenal Lebih Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Hingga Jenjang Perguruan Tinggi. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 264–271. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.637

Rahman, A. (2018). Konsep Dasar Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 44. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8385

Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora, 20(2), 154–161. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i2.13965

Rompas, I. R. (2020). Perilaku Pemilih Pemula Pada Pemilihan Umum Tahun 2019 Di Desa Bongkudai Selatan Kecamatan Mooat Kabupaten Bolaang Mongodow Timur. Jurnal Politico, 9(1), 1–22.

Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491

Rozuli, A. I., & Haboddin, M. (2018). Pendidikan Pemilih dan Penguatan Demokrasi. Politea: Jurnal Politik Islam, 1(2), 129–148. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/politea Pendidikan

Sa’ban, L. . A., & Wijaya, A. A. maulana. (2018). Kurangnya Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Wakatobi. MEDIALOG: Jurnal Kajian Komunikasi, I(II), 35–43. http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Medialog/article/view/275

Saputra, R. (2017). Partisipasi Politik Pemilih Pemula pada Pemilihan Presiden di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis tahun 2014. JOM FISIP, 4(1), 1–12.

Sati, L., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 904–909. http://ppkn.org/wp-content/uploads/2018/01/PROSIDING-FULL-RUANG-baruI.pdf#page=126

Soeprapto, A., DN, S., & Suparno, B. A. (2015). Komunikasi Dalam Proses Pendidikan Politik Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Umum 2014 di DIY. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 39–54.

Sutisna, A. (2017). Strategi peningkatan literasi politik pemilih pemula melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Journal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2), 135–146.

Sutrisno. (2018). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun Warga negara Global. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1 April), 41–51. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/Citizenship

Ulfah, N., Hidayah, Y., & Trihastuti, M. (2021). Urgensi Etika Demokrasi di Era Global: Membangun Etika dalam Mengemukakan Pendapat bagi Masyarakat Akademis Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 329–346. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1576

Wardhani, P. S. N. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 57–62. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8407

Yusnedi, & Utami, S. (2019). KorelasiTingkat Pendidikan dengan Partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu Nasional serentak 2019 di kabupaten Indragiri huku. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(2 Desember), 312–320. https://doi.org/https://doi.org/10.34006/jmbi.v8i2.113

Zuhro, S. (2018). Demokrasi, otonomi daerah dan pemerintahan Indonesia. Interaktif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 1–28. http://jurnal.umpalembang.ac.id/variahukum/article/view/942/839


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.