Kecerdasaan kewarganegaraan terhadap perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bentuk gambar

Nur Wahyu Rochmadi, Laras Ati Rochastuti

Abstract


Setiap manusia tidak bisa hidup tanpa negara, sebaliknya kualitas negara sangat tergantung kepada manusianya (warga negara). Kecerdasan, karakter, dan partisipasi warganegara (civic intelligence quotient) berpengaruh terhadap eksistensi dan keberhasilan negara dalam mewujudkan tujuannya. Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Oleh karena itu, setiap warganegara Indonesia harus memiliki pemahaman yang benar tentang makna dan perwujudannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi kecerdasan warganegara (civic intelligence quotient), mahasiswa, terhadap perwujudan nilai-nilai Pancasila berupa perilaku di kehidupan sehari-hari. Penelitian dilaksanakan berdasarkan desain kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa penempuh mata kuliah Pendidikan Pancasila di Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi dalam bentuk mendokumentasikan hasil observasi berupa foto atau gambar tentang perilaku manusia di sekitar tempat tinggal mahasiswa yang dikategorikan sebagai bentuk perwujudan nilai-nilai Pancasila. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif. Temuan penelitian menjelaskan bahwa kecerdasan warganegara (civic intelligence quotient), mahasiswa, dalam mengidentifikasi perwujudan Pancasila dalam bentuk perilaku manusia di kehidupan sehari-hari masih ada kesalahan dan kekeliruan. Berdasarkan temuan tersebut, perlunya dilakukan refleksi untuk perbaikan dan peningkatan kualitas perkuliahan pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, baik substansi maupun pembelajarannya.


Full Text:

PDF

References


Asia Pacific Civic Educators Coinsortium (APCEC). (2000). Teacher Education for Democratic Citizenship, Penang.

Bahmueller, C. F. (1997). A Framework For Teaching Democratic Citizenship: An International Project In The International Journal of Social Education, 12.2

Banks, J. A. (1990). Citizenship for a Pluralistic Democratic Society in Rauner, M. (1999) Civic Education: An Annofated Bibliography. CIVNET.

CIVITAS International. (2006). Civic Education. Calabasas: Center for Civic Education

BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Depdiknas.

Derricott, R., Cogan, J. J. (1998). Citizenship for the 21st century: An International perspective on Education. London: Kogan Page

Rochmadi, Nur Wahyu. (2010). Praktek Belajar Kewarganegaraan: Penilaian Hasil Belajar Berbasis Pembudayaan Nilai-nilai Pancasila. Malang. Lapasila Universitas Negeri Malang.

Winataputra, U.S. (2005). Konsep dan Strategi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi: Tinjauan Psiko-Pedagogis dan Sosioandragogis, Jakarta: Dijen Pendidikan Tinggi (Bahan SUSCADOS Dikwar).

----------- 2006. Konsep dan Strategi Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah: Tinjauan Psiko-Pedagogis. Jakarta: Panitia Semiloka Pembudayaan Nilai Pancasila, Dit. Dikdas, Ditjen Mandikdasmen (Makalah).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.