Implementasi fungsi-fungsi manajemen pada kegiatan lomba cerdas cermat empat pilar kebangsaan dalam membentuk keadaban publik

Dini Oktariani, Novita Herlissha, Tsulis Amiruddin Zahri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fungsi manajemen pada lomba cerdas cermat 4 pilar kebangsaan. Kegiatan lomba cerdas cermat merupakan usaha untuk menentukan individu atau kelompok unggul, dimana dapat memananamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme anak muda. Lomba cerdas cermat berpotensi memunculkan jiwa dan semangat kompetitif bagi peserta. Apalagi terkait dengan tema 4 pilar kebangsaan. Peran panitia lomba menjadi vital dalam membuat perencanaan, berupa aturan ataupun kriteria peserta, bahkan dalam memilih dewan juri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-naratif dengan analisis fungsi manajemen oleh Robbin dan Coulter, serta didukung konsep etika sosial. Data primer dari observasi lapangan dan data sekunder dari buku. Objek penelitian adalah panitia dan peserta kegiatan lomba cerdas cermat 4 pilar kebangsaan se-pulau Bangka tahun 2021. Hasilnya adalah panitia lomba memperhatikan analisis SWOT Robbin dan Coulter dengan membuat jadwal kegiatan yang sistematis, dewan juri yang kompeten, dan pemilihan peserta yang mewakili generasi Z dan proses pengelolaan acara lomba cerdas cermat 4 pilar kebangsaan se-pulau Bangka tahun 2021 telah menggunakan fungsi–fungsi manajemen yang memakai istilah POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Generasi Z menjadi perhatian untuk penamanan nilai-nilai kewargaan karena estafet pilar kebangsaan ada pada generasi tersebut. Siswa SMP menjadi modal sosial dalam membentuk keadaban publik.


Full Text:

PDF

References


Anggono, B. D. (2014). Perspektif Konstitusi Indonesia pada Kerjasama Partai Politik dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Pandecta Research Law Journal, 9(1), 92-112.

Bertens, K. (2007). Seri Filsafat Atmajaya: 15 ETIKA. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cholid, N. (2019). Nilai-nilai moral dalam kearifan lokal budaya Melayu Bangka dan implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling masyarakat. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 4(2), 243-253.

Fauzan, M. N., Resdiana, W., & Hamidin, D. (2017). Aplikasi Cerdas Cermat Online Realtime Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Informatika, 14(1), 22-27.

Hasiholan, X. C. (2018). Bahan ajar etika sosial. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14407/

Hastangka, Armawi, A., & Kaelan. (2019). Dampak sosialisasi empat pilar MPR RI terhadap Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 98-110.

Mulyana, D. (2008). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Wiyono, S. (2019). Empat Pilar Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Sebagai Panduan Dalam Mewujudkan Masyarakat Adil Makmur Berdasarkan Pancasila. Likhitaprajna, 15(1), 37-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.