Peran Universitas Syiah Kuala dalam memperkokoh semangat kebangsaan generasi muda Indonesia di tengah gempuran pandemi COVID-19

Saiful Saiful, Rizal Fahmi, Yusrijal Abdar

Abstract


Perguruan tinggi bukan saja mampu menghadirkan generasi bangsa yang mandiri dalam bidang pengetahuan dan keterampilan. Namun, perguruan tinggi juga harus mampu mencetak generasi muda yang memiliki akhlak dan karakter keindonesiaan yang baik, sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Perguruan tinggi seperti halnya Universitas Syiah Kuala (USK) harus mampu dan siap mengambil peran dalam membangun karakter generasi muda, terutama bagi generasi muda Aceh yang memiliki pengetahuan, keahlian, dan akhlak tinggi dalam rangka memperkokoh semangat kebangsaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 telah berdampak pada upaya pemerintah dalam melakukan revolusi mental bagi generasi muda secara tuntas dan merata. Oleh sebab itu, USK harus berperan aktif melakukan terobosan dalam upaya memperkokoh semangat kebangsaan generasi muda dalam menghadapi tantangan bangsa ke depan yang semakin berat apalagi di tengah wabah pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian para pimpinan USK, Ketua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Mata Kuliah Umum, Kepala Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN), Ketua Unit Pengembangan Program Pendamping Mata Kuliah Agama Islam (UP3AI), dan organisasi kemahasiswaan di lingkungan USK. Observasi dan wawancara mendalam (in-depth interview) dijadikan sebagai teknik pengumpulan data, keseluruhan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa USK telah berperan aktif dalam upaya memperkokoh semangat kebangsaan generasi muda Indonesia di tengah gempuran pandemi COVID-19 melalui pembentukan karakter generasi muda (mahasiswa). Baik melalui kegiatan kurikuler, maupun kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler, yang sangat memungkinkan memperkokoh semangat kebangsaan generasi muda Indonesia, meskipun ruang geraknya yang terbatas karena dampak dari pandemi COVID-19.

Full Text:

PDF

References


Abdulkarim, A., Komalasari, K., Saripudin, D., Ratmaningsih, N., & Anggraini, D. N. (2020). Development of a Unity in Diversity-Based Pancasila Education Text Book for Indonesian Universities. International Journal of Instruction, 13(1), 371-386.

Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 6(1), 1-10.

Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Al Amin, M. D. A. (2020). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP), 2(1), 11-18.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367-375.

Dewantara, J. A., Hermawan, Y., Yunus, D., Prasetiyo, W. H., Efriani, E., Arifiyanti, F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Anti-corruption education as an effort to form students with character humanist and law-compliant. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 70-81.

Hidayat, A. (2020). Peran Perguruan Tinggi Dalam Membangun Integritas Kemanusiaan dan Kebangsaan Indonesia. Orasi Ilmiah Hakim Konstitusi Universitas Katolik Soegijapranata.

Hyman, L.H. (2002). The Invertebrates Vol 6. Mc-Grawhill Book Company

Ismawati, Y. T., & Suyanto, T. (2015). Peran guru pkn dalam membentuk sikap cinta tanah air siswa di sma negeri 1 mojosari kabupaten mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(3), 833.

Jannah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila dalam Kehidupan Sosial Budaya di Masyarakat Abad-21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 931-936.

Kertajaya, H. (2010), Netizen: Kekuatan baru di dunia new wave. Kompas.com. https://olahraga.kompas.com/read/2010/10/10/15552881/netizen.kekuatan.baru.di.dunia.new.wave

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter. LaksBang PRESSindo.

Ramadhan, M. R. (2020). Peran Bimbingan Agama Dalam MeningkatkanSelf Esteem Pada Lansia Di Pusat Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dinas Sosial (PPSLU) Mappakasunggu Kota Pare-Pare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Rokhman, F. (2017). Tingkatkan Publikasi Perkuat Peran Perguruan Tinggi. UNNES. https://unnes.ac.id/pakar/tingkatkan-publikasi-perkuat-peran-perguruan-tinggi

Samani, M. & Hariyanto. (2012). Pendidikan karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Saputra, W. D. (2016). Peranan Panti Asuhan Terhadap Pembentukan Sikap Sosial Anak Di Panti Asuhan Mahmudah Di Desa Sumberejo Sejahtera Kecamatan Kemiling Bandar Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Lampung, Bandar Lampung.

Sarwono, S. W. (2015). Teori- teori Psikologi Sosial. Rajawali Pers.

Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. PT RajaGrafindo Persada

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).

Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja (Edisi Ke 3). Rajawali Pers.

Winarno. (2011). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Bumi Aksara: Jakarta.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.