Meneladani perjuangan jenderal Soedirman dalam upaya pengembangan karakter cinta tanah air

Reza Adriantika Suntara, Muhammad Hijran

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan arti penting meneladani perjuangan Jenderal Soedirman sebagai salah satu upaya yang dapat dilaksanakan dalam pengembangan karakter cinta tanah air warga negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kepustakaan dengan pelaksanaan analisis data yang meliputi reduksi data, display data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Kajian mengenai perjuangan Jenderal Soedirman dalam penelitian ini membahas mengenai karakter yang dimiliki oleh Jenderal Soedirman yang tercermin dalam perkembangan kehidupannya sejak kecil hingga dewasa, bahkan hingga ia berada pada jabatan sebagai Panglima Tentara Keamanan Rakyat. Jenderal Soedirman merupakan pahlawan kemerdekaan yang telah memberikan banyak kontribusi pada bangsa Indonesia dengan sikap patriotik yang ada di dalam dirinya. Perjuangannya yang tak kenal menyerah di medan pertempuran semakin menegaskan aksi heroik dan patriotiknya membela bangsa sekalipun tengah merasakan penderitaan karena sakit dalam tubuhnya. Pada penelitian ini didapatkan beberapa hasil penelitian di antaranya mengenai karakter Jenderal Soedirman yakni antara lain; semangat yang tinggi, rela berkorban, bertanggung jawab, berjiwa pemimpin, taat pada aturan dan pemerintah, serta mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi. Kemudian hasil lain yang didapatkan adalah diketahuinya upaya yang dapat dilakukan dalam mengembangkan karakter cinta tanah air melalui keteladanan perjuangan Jenderal Soedirman yakni melalui sarana pendidikan, sarana museum, serta sarana film.

Full Text:

PDF

References


Agustinova, D. E. (2019). A Humble and Meaningful Life of Commander in Chief, General Soedirman.

Aji, K. B. (2017). Analisis Kelayakan Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam Perspektif Pariwisata. Gadjah Mada Journal of Tourism Studies, 1(1), 55–68.

Ayuningtyas, D. R., Suharso, R., & Sodiq, I. (2016). Perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman pada Masa Revolusi Fisik Tahun 1945-1950. Journal of Indonesian History, 5(1).

Bahri, S. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral di sekolah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57–76.

Busroh, A. D. (2011). Ilmu Negara. Bumi Aksara.

Disjarahad. (2012). Sudirman: Prajurit TNI Teladan. Disjarahad.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan, Kajian Filosofis, Teoritis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian (Edisi Revisi). Literasi Nusantara Abadi. Literasi Nusantara.

Ikhsan, M. A. (2017). Nilai-nilai cinta tanah air dalam perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 108–114.

Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1), 1–8.

Nugroho, A., & Mareza, L. (2016). Pemanfaatan Museum BRI dan Museum Jenderal Sudirman sebagai sumber belajar IPS oleh siswa dan guru SD dI Purwokerto. Khazanah Pendidikan, 9(2).

Nuh, M. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter Kementrian Pendidikan Nasional. Kementrian Pendidikan Nasional.

Pujawati, Z. (2016). Hubungan kontrol diri dan dukungan orang tua dan perilaku disiplin pada santri di Pondok Pesantren Darussa’adah Samarinda. Jurnal Psikologi, 4(2), 227–236.

Satria, B. R., & Rinaldy, R. (2019). Sikap penonton terhadap film nasionalisme (Jenderal Soedirman). ProTVF, 3(2), 200–212.

Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).

Sulianti, A. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Budaya Multikultural untuk Menanamkan Sikap Patriotisme Warga Negara. Jurnal: Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 17.

Sumaryati, S. (2017). Manajemen Pendidikan Karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(02), 205–220.

Susilo, A. (2018). Sejarah Perjuangan Jenderal Soedirman dalam Mempertahankan Indonesia (1945-1950). HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(1), 57–68.

Utama, B. P., & Nugroho, C. (2017). Representasi Nasionalisme Dalam Film Biografi (studi Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Nasionalisme Dalam Film Jenderal Soedirman). eProceedings of Management, 4(2).

Wuryan, S., & Syaifullah. (2015). Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.

Yukl, G. (2009). Kepemimpinan dalam Organisasi, alih bahasa Jusuf Udaya. Prenhallindo, Jakarta.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan, Ed. Ke-2, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, Januari.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.