Peran organisasi resimen mahasiswa batalyon XI UPI dalam pengembangan kecerdasan kewarganegaraan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran organisasi resimen mahasiswa batalyon XI Universitas Pendidikan Indonesia dalam pengembangan civic intelligence. Sasaran penelitian ini adalah komandan, staf dan anggota yang telah merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembinaan kompi remaja (BINKIJA) yang cukup memadai dalam membina anggotanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan kewarganegaraan pada anggota Menwa Batalyon XI UPI sangat tergambar jelas, dengan pengembangan civic intelligence berbasis kegiatan BINKIJA. Kegiatan tersebut merupakan upaya bersama dalam mengembangkan aktivitas bersama, keteladanan, dan pengalaman langsung. Penelitian ini diharapkan menjadi contoh bagi organisasi mahasiswa dan non mahasiswa untuk mengembangkan civic intelligence quotient dalam kegiatan organisasi agar lebih terarah melalui kegiatan yang interaktif.
Full Text:
PDFReferences
Ardian, M. G., Sanusi, A. R., & Repelita, T. (2021). Peran organisasi kemahasiswaan dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter peduli sosial mahasiswa. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 47–52. https://doi.org/10.12928/citizenship.v4i2.18221
Hidayah, Y., Sapriya, Darmawan, C., Malihah, E., & Karliani, E. (2020). Promoting Civic Intelligence in Applied Science to Promote Interaction between Science: An Overview in the Perspective of Citizenship Education. Universal Journal of Educational Research, 8(8), 3782–3791. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080859
Masrukhi. (2018). Pengembangan Civic Intelligence Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. Jurnal Integralistik, 29(1), 14–15.
Sartika, L. D., Joebagio, H., & Susanto, S. (2020). Model Pembelajaran IPS Terintegrasi Nilai-Nilai Catur Guru sebagai Civic Intelligence di Bali. Yupa: Historical Studies Journal, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/yupa.v4i1.172
Winataputra, U. S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Widya Aksara Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.