Peran Guru PPKn Dalam Menangani Perilaku Kenakalan Remaja Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta

Indah Yunita Utami, Tri Nuraini, Triwahyuningsih Triwahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan remaja di sekolah sesuai dengan tujuan pelajaran PPKn yaitu mengamalkan dan meresapi nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Kewarganegaraan. Adapun metode artikel yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam artikel ini yaitu observasi, dan wawancara selama Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP). Hasil penelitian menunjukkan : (1) peran guru PPKn dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta meliputi peran sebagai pendidik, peran sebagai fasilitator, peran sebagai motivator. (2) faktor pendukung guru PPKn dalam peran menanggulangi kenakalan siswa di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta terdiri dari faktor intenal yang berupa kepribadian, minat, semangat dari guru dan faktor eksternal berupa dukungan dari keluarga, kegiatan ekstrakulikuler, dan kebijakan sekolah seperti tata tertib siswa dan guru. Upaya yang  dilakukan  oleh  guru  PKn  dalam  menanggulangi  kenakalan  siswa  dengan  cara melakukan pembinaan melalaui pendidikan karakter dan guru PKn juga melakukan pencegahan supaya kenakalan siswa tidak meluas. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan ilmu kepada pihak sekolah, keluarga dan masyarakat dalam menanggulangi kenakalan siswa.

References


Anggito, A. dan J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif - Albi Anggito, Johan Setiawan - Google Buku. CV Jejak. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=59V8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=kualitatif+deskriptif+adalah&ots=5HdtvybxGr&sig=6-nmqSwN9KkYxxRI8Vc1CqmzD1w&redir_esc=y#v=onepage&q=kualitatif deskriptif adalah&f=false

Chasanah, I. (2020). Peran Guru PPKn Dalam Menangani Perilaku Kenakalan Remaja.

Dako, R. T. (2012). KENAKALAN REMAJA. Jurnal Inovasi, 9(02). https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/view/717

Fatimah, S., & Umuri, M. T. (2014). Faktor-faktor Penyebab Kenakalan Remaja di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Citizenship, 4(1). http://news.detik.com

Indonesia, P. R. (2015). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sistem Pendidikan Nasional, 1–27.

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif (Materi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 148, 148–162.

SUMARA, D. S., HUMAEDI, S., & SANTOSO, M. B. (2017). KENAKALAN REMAJA DAN PENANGANANNYA. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 129–389. https://doi.org/10.24198/JPPM.V4I2.14393

Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. In M. P. Dr. Tohirin (Ed.), Jurnal Fokus Konseling: Vol. Volume 2 N (2012.1197). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Winataputra, U. S. (2016). Posisi akademik pendidikan kewarganegaraan (PKn) dan muatan/mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) dalam konteks sistem …. Jurnal moral kemasyarakatan. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/1184

Wulandari, D. O., & Hodriani, H. (2019). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). https://doi.org/10.34007/jehss.v1i3.28

Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/43144

http://repository.upi.edu/id/eprint/2097

http://www.iicls.org/index.php/jer/article/view/25


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.