Penguatan Literasi Digital Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran PPKn Guna Menyongsong Era Society 5.0

Dika Utami, Marni Marni, Trisna Sukmayadi

Abstract


Perkembangan teknologi yang begitu pesat menyebabkan pengaruh teknologi terhadap segala aspek kehidupan semakin besar. Salah satu bidang yang tidak luput dari pengaruh teknologi yaitu bidang pendidikan. Saat ini telah hadir era baru yaitu era society 5.0. Agar nantinya dapat menyesuaikan dengan perkembangan era society 5.0, maka generasi muda harus memiliki keterampilan atau skills yang memadai. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan era society 5.0 adalah literasi digital. Salah satu upaya penguatan literasi digital bagi peserta didik dapat dilakukan melalui pembelajaran PPKn di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya penguatan literasi digital pada pembelajaran PPKn untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyongsong era society 5.0. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literatur. Hasil dari penelitian yaitu upaya penguatan literasi digital pada mata pelajaran PPKn dapat dilakukan dengan berbagai cara melalui media-media pembelajaran berbasis teknologi.

References


Anggraeni, H., Fauziyah, Y., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190–203. http://103.88.229.8/index.php/idaroh/article/view/5168

Arif, D. B., & Aulia, S. S. (2016). Kewargaan Digital, Penguatan Wawasan Global Warga Negara, dan Peran PPKN. Prosiding Seminar Nasional, Kongres Dan Deklarasi AP3KnI.

Ariyati, D. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Unej, 151–160. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/cbdv.200490137/abstract

Azzahra, N. F. (2020). Indonesia di Masa Krisis Pandemi Covid-19. Ringkasan Kebijakan, 19(2), 1–9.

Bawden, D. (2001). Information and Digital Literacies: a review of concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218–259.

Benaziria. (2018). Pengembangkan Literasi Digital pada Warga Negara Muda dalam Pembelajaran PPKn melalui Model VCT. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 11–20.

Center, K. I. (2020). Status Literasi Digital Indonesia. 58.

Fudzni, E. H., & Aulia, S. S. (2021). Penguatan Literasi Digital Untuk Mendukung Hak Warga Negara di Media Sosial Melalui Pembelajaran PPKn. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–10.

Hootsuite and We Are Social. (2020). Digital 2020: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights. Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kemendikbud.

Kemp, S. (2021). Digital in Indonesia: All the Statistics You Need in 2021 — DataReportal – Global Digital Insights. Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Khasanah, U., & Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 999–1015.

Nugroho, C., & Nasionalita, K. (2020). Digital Literacy Index of Teenagers in Indonesia. Journal Pekommas, 5(2), 215. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050210

Pradana, Y. (2020). Pengembangan literasi digital melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Seminar Nasional Kewarganegaraan, 2017, 11–14. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snk/article/view/3655

Rahmandani, F. (2019). Strategi Guru PKN dalam Penguatan Literasi Digital Peserta Didik Guna Membentuk Karakter Kewarganegaraan Digital. Researchgate.

Rahmayanti, E. (2020). Penguatan literasi digital untuk membentuk karakter kewarganegaraan digital melalui pendidikan kewarganegaraan. Prosiding Seminar Nasional Kewarganegaraan, 79–86. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snk/article/view/3664/pdf

Rifai, A., Adha, M. M., Hartino, A. T., Ulpa, E. P., & Supriyono. (2020). Pengembangan Literasi Digital Aplikasi Civication (Civic Application) Meningkatkan Civic Competence Siswa di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan V : Kontribusi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menjawab Tantangan Global, 148, 148–162.

Shao, X., & Pupur, G. (2016). Effects of Information Literacy Skills on Student Writing and Course Performance. The Journal of Academic Librarianship, 42(6), 670–678.

Siga, A. B. A. (2021). Urgensi Literasi Digital Bagi Perkembangan Generasi Milenial.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.