Mengambangkan kesadaran lingkungan siswa di SMP Muhammadiyah VII Yogyakarta

Stevanie Bella Ikhlasia, Rizky Nailatul Fauni, Dikdik Baehaqi Arif

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang masih sering terjadi di kalangan pelajar. Masih banyak siswa di sekolah yang kurang memperdulikan kebersihan lingkungan. Upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam meningkatkan rasa peduli siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah ternyata belum memberikan dampak yang positif bagi seluruh siswa, karena masih banyak siswa yang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu mengembangkan rasa kesadaran dan kepedulian siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian literatur. Hasil dari penelitian ini yaitu meningkatkan pengetahuan serta rasa peduli siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah.

References


Dasrita, Y., Saam, Z., Amin, B., & Siregar, Y. I. (2015). Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), 61. 64

Dr.farida Nugrahani, M. H. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 1(1), 305.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90.

McBride, B. B., Brewer, C. A., Berkowitz, A. R., & Borrie, W. T. (2013). Environmental literacy, ecological literacy, ecoliteracy: what do we mean and how did we get here? Ecosphere, 4(5), 1–20.

Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa Sekolah Adiwiyata. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 22–29. 58

Murdiono, M. (2012). Strategi pembelajaran kewarganegaraan berbasis portofolio. Yogyakarta: Ombak.

Pertiwi, S., & Samsuri, S. (2017). Pembentukan kompetensi ekologis dengan model pembelajaran kontekstual dan berbasis masalah dalam PPKn di SMP. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 154–165.

Syifa S A, Dikdik B A, I. (2018). PPKn dan Etika Lingkungan Hidup di Sekolah Adiwiyata. 2, 82–88.

Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.