Menumbuhkan semangat kebangsaan pada masyarakat Desa: Pengalaman Padukuhan Ngewotan Janten 8 Kasihan Bantul

Eri Widya Nurkholifah, Retno Wulan Hapsari, Triwahyuningsih Triwahyuningsih

Abstract


Di zaman modern ini, konsep semangat kebangsaan yang terbuka lebar dan dijunjung tinggi tiap-tiap bangsa semakin dikaburkan oleh konsep  yang dibawa di era modern, tidak terkecuali dengan bangsa Indonesia. Dengan cepatnya arus globalisasi di Indonesia, sedikit banyak telah menyumbang bagi melemahnya karakter bangsa Indonesia. Dalam membangun karakter bangsa harus selalu dibarengi dengan penguatan semangat kebangsaan. Karang taruna sebagai suatu organisasi remaja memiliki peranan dalam menumbuhkan semangat kebangsaan di masyarakat. Melalui karang taruna diharapkan dapat memperkuat kembali karakter bangsa Indonesia. Berkaitan dengan itu, tujuan dari penelitian ini yaitu mendiskripsikan perilaku semangat kebangsaan masyarakat di Pedukuhan Ngewotan Janten 8 serta mendiskripsikan berbagai model kegiatan masyarakat Pedukuhan Ngewotan Janten 8 yang menggambarkan sikap semangat kebangsaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskripsif, dengan subyek penelitian yaitu pengurus karang taruna, anggota karang taruna, dan tokoh masyarakat setempat. Data penelitian diperoleh peneliti dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Bentuk peran karang taruna dalam menumbuhkan semangat kebangsaan adalah 1) Mengadakan kegiatan gotong royong antara anggota karang taruna dan warga desa. 2) Mengadakan musyawarah mufakat. 3) Mengadakan peringatan HUT RI di setiap tahunnya. 4) Merawat dan menjaga fasilitas umum di desa, dan lain-lain.


References


Amirin, Tatang M. 2000. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Dewi, Dinie Anggraeni dan Nur Fauziah, Isna Nadifah. 2021. Membangun Semangat Nasionalisme Mahasisa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies – Vol.2, No.02, (2021), pp. 93-103.

Faisal, Sanapiah. 2001. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hendrastomo, Grendi.(2007). Asionalisme vs Globalisasi ‘Hilangnya’ Semangat Kebangsaan dalam Peradaban Modern. Dimensia:Jurnal kajian sosiologi. vol 1 No 1, hal 1-11.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda karya Offset.

Naskrikin, Hafid Taqwim, dan Setyowati, Rr Nanik. 2016. Peran Karang Taruna Dalam Pembentukan Sikap Nasionalisme Remaja Desa Pulorejo Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 01 Nomor 04 Tahun 2016, 186-200.

Suradi. 2019. Karang Taruna Agen Perubahan dan Pengembangan Masyarakat di Pandeglang. Jurnal Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 8 (3) : 241-254.

Prima, Yohana, Sari, Yuli Ifana, dan Putra, Dwi Fauzia. 2021. Peran Karan Taruna Dalam Pembangunan Desa Pandanrejo Kecamatan Kota Batu. JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi). Vol 6 No 2, September 2021. Halaman : 146-156.

Lestyarini, Beniati. 2012. Penumbuhan Semangat Kebangsaan Untuk Memperkuat Karakter Indonesia Melalui Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 3, Oktober 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.