Peran karang taruna dusun Borangan dalam mewujudkan tanggung jawab sosial pemuda sebagai gerakan warga negara

Siti Rohmana, Nafisah Linda Amalia

Abstract


Generasi muda indonesia merupakan aset yang dimiliki oleh bangsa saat ini, namun dalam kenyataannya banyak dari pemuda yang kurang memiliki rasa tanggung jawab sosial dalam dirinya. Dalam hal ini sebagai generasi muda tentunya perlu mewujudkan tanggung jawab sosial tersebut salah satunya yaitu melalui organisasi karang taruna yang ada di masyakat. Dalam konteks Pendidikan Kewarganegaraan, Karang Taruna dapatlah ditinjau sebagai suatu gerakan yang dilakukan oleh warga negara yang masuk kedalam domain sosial kultural yang menekankan pada konsep praksis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran para pemuda karang taruna dalam mengimplementasi tanggung jawab sosial generasi muda di dusun borangan.  Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui hasil wawancara dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa karang taruna di dusun borangan mempunyai konsep yang dapat mewujudkan tanggung jawab sosial dengan memaksimalakan potensi wilayah yang ada di masyarakat. Selain itu membuat program kegiatan dalam memperhatikan aspek lingkungan maupun permasalahan sosial yang sedang dihadapi masyarakat desa. Salah satunya mengajak pemuda peduli terhadap lingkungan sosial serta membantu sesamanya dengan suka rela.  

References


Fajar Pratama, Febri & Rahmat. 2018. Peran Karang Taruna dalam Mewujudkan Tanggung Jawab Sosial Pemuda sebagai Gerakan Warga Negara. Universitas Pendidikan Indonesia.

Bandung Indonesia.

Suseno, F. M. (2015). Etika politik. Prinsip-prinsip moral dasar kenegaraan maodern.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wuryan, S., & Syaifullah. (2008). Ilmu kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI.

https://pingpoint.co.id/berita/tanggung-jawab-sosial-apa-dan-siapa-yang-mestimenjalaninya/ https://batukandik.desa.id/opensid/first/artikel/64


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.