Pembentukan karakter disiplin santri komplek R2 pondok pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta

Aulia Rizki Abdiningrum, Dikdik Baehaqi Arif

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dunia pendidikan yang sedang mengalami ujian dan tantangan yang cukup berat. Seiring dengan berkembangnya zaman terlebih karena era globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi yang dapat mempengaruhi karakter generasi muda karena berbagai budaya yang masuk terutama budaya asing. Dan pondok pesantren menjadi salah satu wadah dan solusi dalam membentuk watak kewarganegaraan dan karakter para generasi muda. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek R2 Krapyak Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur dengan mengacu pada jurnal-jurnal dengan judul yang relevan.

References


Alfath, K. (2020). Bagaimana proses pendidikan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, Vol 9, No 1, Juni 2020, 125–164.

Almunawwir.com. (2021). Ma’had ’Aly. almunawwir.com.

Almunawwir. (2021). sejarah pondok pesantren al-munawwir. almunawwir.com.

Anam, C., & Suharningsih. (2014). Model Pembinaan Disiplin Santri (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Fiqhi Kabupaten Lamongan). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2, Tahun 2014, 469–483.

Antoni, A., & Wiza, R. (2021). Penanaman Karakter Disiplin di Asrama Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 3, Tahun 2021, 386–400.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar,.

Fahriani, & A. (2017). Hadrah Kesenian Religi Masyarakat Melayu. Aceh: Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh.

Habibi, I. (2017). Pembentukan Karakter Kedisiplinan dan Kemandirian. Prosiding Seminar Nasional PPKn III 2017, 1–13.

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.

Maragustam. (2016). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.

Nihayati, I., Ismaya, E. A., & Oktavianti, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin Pada Santri Pondok Pesantren Slaf Terpadu Bahjatur Roghibiin Kudus. Jurnal Inovasi Penelitian Vol 1, No 11, Tahun 2021, 2395–2402.

Novitasari, A. (2019). Pemberian reward and punishment dalam membentuk karakter disiplin anak pada sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Halaqa Vol 3, No 1, Tahun 2019, 1–27.

Suheli, A. (2019). Qira’at Al Quran. 1–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.