Penguatan Pembiasaan dalam Hati Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Pendidikan HAM (Studi Deskriptif Pengalaman Mahasiswa Prodi PPKn FKIP Universitas Ahmad Dahlan Angkatan 2018)

Ego Fidiyah, Yoga Hardiyansah, Trisna Sukmayadi

Abstract


Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa dalam memajukan Negeri Indonesia selanjutnya. Namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa perilaku mahasiswa yang tidak sesuai harapan, seperti tawuran antar mahasiswa, perundungan, dan indisiplin. Oleh karenanya, upaya penguatan karekter mahasiswa harus terus dilakukan di institusi pendidikan tinggi salah satunya melalui pembiasaan dalam hati (Habit of The Heart). Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan pembiasaan dalam hati mahasiswa melalui mata kuliah Pendidikan HAM di Program Studi PPKn FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap subjek penelitian yaitu mahasiswa angkatan 2018 yang telah mengikuti mata kuliah Pendidikan HAM. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penguatan pembiasaan dalam hati pada mata kuliah Pendidikan HAM dilakukan melalui proses pembelajaran, materi, dan peran dosen pengampu, sehingga berdampak positif pada pembiasaan dalam hati.

References


Hamzah, Perlindungan Hakhak Asasi Manudia dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana, Jakarta, Badan Pembinaan Hukum Nasional, 1986.http://www.docstoc.com/docs/1909 5014/makalah-HAM

Davidson, S., (2008), Hak Asasi Manusia, Pustaka Utama Grafiti.

Effendi, M., (2006), Perkembangan Dimensi Hak Asasi Manusia (HAM), dan Proses Dinamika Penyusunan Hukum Hak Asasi Manusia (HAKHAM), Ghalia Indonesia.

Sabon, M.B., (2014). Hak Asasi Manusia Bahan Pendidikan Untuk Perguruan Tinggi, Universitas Atma Jaya.

Ubaedillah, A., dan Abdul Rozak, Pendidikan Kewargaan (Civic Education); Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Demokrasi (Jakarta: ICCE bekerjasama dengan Prenada Media Group, 2008)

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nadziroh. (2016). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pilar pendidikan hak asasi manusia. JTrihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 64–67. https://doi.org/10.21831/civics.v3i1.5737

Warsono. (2006). Peranan Pendidikan Kewarganegraan Sebagai Pilar Pendidikan Hak Asasi Manusia. Jurnal Civics, 3, 62–71. file:///D:/Penelitian Vont/Jurnal/hak pendidikan.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.