Peran Guru PPKn dalam Menanggulangi Masalah Kenakalan Remaja Di Sekolah SMA Negeri Rongkop

Dika Shepty Rahayu, Triwahyuningsih Triwahyuningsih

Abstract


Guru PPKn dapat menggunakan strategi untuk membuat sistem pembelajaran tersebut melalui penggunaan model atau media yang dirasa efektif sekaligus memberikan motivasi pada siswa yang akan memberikan pengaruh positif dalam proses terbentuknya moral siswa di sekolah. Terbentuknya moral di sekolah ditunjukkan dengan para siswa yang dapat berperilaku baik, disiplin dan taat pada aturan yang berlaku, berbudi luhur, serta berkarakter.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru PPKn dalam menanggulangi masalah kenakalan remaja di SMA Negeri Rongkop. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menekankan pada kualitas, proses, dan makna yang sesuai dengan penelitian ini. Dimana penelitian kualitatif ialah metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan memahami sebuah fenomena terkait hal yang terjadi pada subjek penelitian contohnya perilaku, motivasi atau tindakan. Hasil penelitiannya dimana guru PPKn berperan ditanggulangi serta dapat diminimalisir dalam penanganan kenakalan remaja yang makin marak terjadi. Peran guru ini tentunya memiliki kaitan yang erat dengan tanggung jawab dan tugas dalam membangun karakter sekaligus membentuk perilaku para siswa dalam kehidupan bermasyarakat. Kesimpulannya bagaimana seorang guru menjadi sosok dengan peran penting dalam pendidikan, hal tersebut karena guru bukan hanya menjalankan perannya untuk memberikan ilmu pengetahuan akan tetapi mereka juga memiliki peran penting dalam menanamkan nilai moral sekaligus berperan dalam membangun karakter para siswanya

References


Agus Dariyo. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Ali Mudlofir. 2013. Pendidik Profesional. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ary H. Gunawan. 2000. Sosiologi Pendidika. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aulia, S.S. (2016). Pembentukan Wawasan Global Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Civics, 13 (2), 45-55.

Djohar, 2006. Guru, Pendidikan dan Pengembangannya (Penerapan dalam Pendidikan dalam UU Guru). Jakarta : Rajawali Press

Dadan Sumarna, Sahadi Humaedi, Meilanny Budiarti Santoso. Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Universitas Padjadjaran. Bandung. 2017.

Baso Andi, dan Hasan Nasrun, 2016. Pendidikan Kewarganegaraan, Makassar: Media Sembilan sembilan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.