Penguatan nilai integritas melalui hizbul wathan di SD Muhammadiyah Karangturi Bantul

Suyitno Suyitno, Siska Anggraini Dewi

Abstract


Kegiatan hizbul wathan yang ada di sekolah merupakan salah satu jembatan untuk mengembangkan potensi peserta didik sekaligus mengasah sejauh mana perkembangan karakter yang dimiliki peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk kegiatan Hizbul Wathan yang mempengaruhi nilai integritas karakter tanggung jawab pada peserta didik. 2) Mendeskripsikan faktor-faktor penguatan pendidikan karakter nilai integritas yang terfokus pada nilai tanggung jawab pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan subjek penelitian kepala sekolah, pembina hizbul wathan, peserta didik dan orang tua. Pengumpulan data melalui Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan Pendidikan karakter nilai integritas terhadap sikap tanggung jawab ada dua yaitu Faktor yang mempengaruhi meliputi melaksanakan tugas individu dengan baik, menerima resiko dari tindakan yang dilakukan,mengembalikan barang yang dipinjam, mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, menepati janji, tidak menyalahkan orang lain untuk kesalahan tindakan kita sendiri, melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta dan Bentuk kegiatan yang mendukung yaitu keteladanan dan pembiasaan.


Full Text:

PDF

References


Akbar, Muhammad. R. 2017. “Internalisasi Nilai Kejujuran Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sekolah”. Skripsi.

Creswell, John. W. 2015. “Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitri, Agus. Z. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika Di Sekolah. Yogyakarkta: Ar-ruzzmedia.

Lickona, Thomas. 2013. Educating for Character Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja

Sapitri, Nova & Nur Hidayah (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Di D Muhammadiyah Karangkajen II. Penelitian. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Sriwilujeng, D. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.