Pendidikan dan pembudayaan pengembangan kecerdasan kewargaan

P Julius F Nagel

Abstract


Pendidikan kiranya terlalu menekankan kecerdasan personal dengan mengabaikan usaha menautkan keragaman kecerdasan personal ke dalam kecerdasan kolektif kewargaan. Dalam rangka melakukan inovasi – inovasi pengajaran Pestalozzi memberikan enam prinsip dasar. Apa enam prinsip dasar tersebut? Pengembangan kecerdasan kewargaan lebih fundamental bagi suatu bangsa yang ingin membebaskan diri dari kolonisasi individualisme yang mendorong kapitalisme dan kolonialisme. Apa itu individualisme, kapitalisme, kolonialisme? Tujuan dari kewarganegaraan agar sebagai warga negara dalam menjalankan profesinya – dalam hal berkata, berpikir, dan berperilaku – dijiwai oleh cinta kepada tanah air, kesadaran untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan rela berkorban dalam rangka bela negara. Bagaimana tujuh cara lebih mencintai tanah air untuk generasi milenial? Apa bentuk dan wujud penerapan sikap dan perilaku bela negara? Apa tujuan, fungsi, manfaat dan contoh bela negara? Penulisan artikel ini menggunakan metode riset sekunder (secondary research) menggunakan data riset yang telah dikumpulkan oleh orang lain dan dilaporkan dalam buku, artikel dalam jurnal profesional, atau sumber dari internet. Sebagai simpulan beberapa contoh bela negara dalam kehidupan sehari-hari antara lain menciptakan suasana rukun, damai, dan harmonis dalam keluarga. Membentuk keluarga yang sadar hukum. Meningkatkan iman dan takwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan sekolah atau kampus. Sebagai saran, pendidik perlu menjaga keseimbangan antara: kepala, hati, dan tangan; artinya, pendidikan bukan hanya mengasah bagian intelektual (head)-nya saja, melainkan harus melatih hati dan keterampilan tangannya juga. Learning by doing adalah sebuah prinsip yang tepat.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. K. (2021). Pengembangan pendidikan bela negara di Madrasah/Sekolah. CV Media Sains Indonesia.

Azizah, A. (2016). Gaya Hidup Individualisme di Masyarakat. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/aningg/5816d811bc9373b90a56fbea/gaya-hidup-individualisme-di-masyarakat.

Buana, G. (2020). Memperkuat cinta tanah air. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/356408/memperkuat-cinta-tanah-air.

Hartono, D. (2020). Fenomena kesadaran bela negara di era digital dalam perspektif ketahanan nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 8(1), 15-34.

Idris, M. (2021). Arti Kapitalis dan Kapitalisme: Definisi, Sistem Ekonomi, dan Contoh. Kompas. https://money.kompas.com/read/2021/07/23/095251026/arti-kapitalis-dan-kapitalisme-definisi-sistem-ekonomi-dan-contoh?page=all

KPU Kota Malang. (2020). Bela negara sebagai wujud kecintaan terhadap bangsa dan tanah air. KPU Kota Malang. http://kpud-malangkota.go.id/berita/bela-negara-sebagai-wujud-kecintaan-terhadap-bangsa-dan-tanah-air.

Latif, Y. (2015). Kecerdasan Kewargaan. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2015/10/06/15000021/Kecerdasan.Kewargaan?page=all

Laupe, A. (2018). Bentuk dan wujud penerapan sikap dan perilaku bela negara. Kemhan. https://www.kemhan.go.id/pothan/2018/08/28/bentuk-dan-wujud-penerapan-sikap-dan-perilaku-bela-negara.html

Miftakhuddin. (2019). Kolonialisme: Eksploitasi dan Pembangunan Menuju Hegemoni. Jejak.

Nagel, P. J. F. (2016). Capita Selecta Seputar Kewirausahaan. Media Ilmu.

Nurlita, A. R. (2020). Pentingnya perwujudan bela negara di tengah kasus COVID-19. Available at SSRN 3575844.

Rumahorbo, Y. S. (2021). Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air pada Generasi Milenial. Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/yolandasrumahorbo3531/617e651679b239028512b852/menanamkan-rasa-cinta-tanah-air-pada-generasi-milenial.

Zulfikar, F. (2021). Pengertian bela negara, lengkap dengan tujuan, fungsi, dan manfaatnya. DetikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5601438/pengertian-bela-negara-lengkap-dengan-tujuan-fungsi-dan-manfaatnya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.