Pengujian validitas dan reliabilitas konstruk Berpikir positif

Syam Ardhy Dabi Dabi, Fatwa Tentama, Nina Zulida Situmorang

Abstract


Berpikir positif mempunyai dampak yang signifikan terhadap diri sendiri maupun orang lain, dalam konteks guru maka dampak positif akan dirasakan oleh peserta didik. Terdapat empat komponen dalam berpikir positif menurut Albrecht yaitu positive expectation (harapan positif), self-affirmation (afirmasi diri), non-judgement talking (pernyataan tidak memihak), dan reality adaptation (penyesuaian diri yang nyata).Tujuan penelitian ini untuk menguji validitas konstruk dan reliabilitas konstruk skala berpikir positif kemudian untuk mengetahui seberapa besar andil dari komponen dan aitem berpikir positif dalam mengukur konstruk berpikir positif yang tertinggi maupun yang terendah.Subjek penelitian ini adalah guru salah satu SMA di Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan outer model untuk mengukur validitas dan reliabilitas alat ukur dalam Partial Least Squares. Hasil penelitian ini bahwakomponen dan aitem pada konstruk berpikir positif valid dan reliabel dan dapat digunakan sebagai alat ukur penelitian yang mampu merefleksikan konstruk berpikir positif.

Keywords


Berpikir Positif; Reliabilitas; Validitas

Full Text:

PDF

References


Adelia, W. (2011). Kehebatan berpikir positif. Yogyakarta: Sinar Keroja.

Albrecht. (2005). Daya piker: Metode peningkatan potensi berpikir. Semarang: Dahara Prize.

Elfiky, I. (2013). Terapi berpikir positif. Penerjemah: Fatih dan Dimas Taufik. Jakarta: P.T. Ikrar Mandiri Abadi.

Jogiyanto. (2011). Konsep dan aplikasi structural equation modeling (SEM) berbasis varian dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN Yogyakarta.

Kholidah, E. N.,& Alsa, A. (2012). Berpikir positif untuk menurunkan stres psikologis. Jurnal Psikologi, 39(1), 67-75.

Mousavi, E., Esmaeili, A., & Saless, S. S. (2015). The effect of positive thinking on quality of life an resiliency of cancer patients. Research Article, 3(3), 24-27.

Peale, N. V. (2006). The power of positive thinking. United State of America: Prentice Hall.Inc.

Tentama, F. (2014). Hubungan positive thinking dengan self-acceptance pada difabel (bawaan lahir) di SLB Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif, 2(2), 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.