Peran efikasi diri dan dukungan sosial dosen pembimbing skripsi terhadap prokrastinasi menyelesaikan skripsi pada mahasiswa

Nanda Ito Muswara, Mujidin Mujidin, Purwadi Purwadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peran efikasi diri dan dukungan sosial dosen pembimbing skripsi terhadap prokrastinasi pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi beganda.  Hasil penelitian ini, menunjukan adanya pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial dosen pembimbing terhadap prokrastinasi memberikan sumbangan efektif sebesar 6,45%. penelitian ini menunjukan adanya peran negatif yang sangat signifikan dengan nilai Sig (0,002) < α (0,05) antara efikasi diri dan dukungan sosial dosen pembimbing skripsi terhadap prokrastinasi menyelesaikan skripsi. semakin tinggi efikasi dan dukungan sosial dosen pembimbing skripsi maka semakin rendah prokrastinasi menyelesaikan skripsi, begitu juga sebaliknya semakin rendah efikasi diri dan dukungan sosial dosen pembimbing skripsi makan semakin tinggi prokrastinasi menyelesaikan skripsi

Keywords


Dukungan Sosial; Efikasi Diri; Prokrastiasi

Full Text:

PDF

References


Asmawan, M. C. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa menyelesaikan skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 1412-3835.

Candra, A. (2008). Awas terjerat prokrastinasi! [electronic version]. Diakses November11,2013,fromhealth.kompas.com:http://health.kompas.com/read/2008/03/26/10112191/Awas.Terjerat.Prokrastinasi.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. E. (2007). Perceptioms of self-concept and self-presentation by procrastinators: Further evidence. The Spanish Journal of Psychology, 10(1), 91-96.

Friedman, H., Schustack., S., & Miriam, W. (2008). Kepribadian teori klasik dan riset modern edisi ketiga. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghufron, M. N., & Risnawita, S. R. (2012). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

King, L. (2010). Psikologi umum. Jakarta: Salemba Humanika.

Pujianti. (2017). Hubungan persepsi dukungan sosial orang tua dana prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang skripsi. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 7(6), 34-35.

Putra, A. (2016). Relations between anxiety level with prokrastination in thesis preparation of medical of student Andalas University. Tesis. Padang: Universitas Andalas.

Putri, N. F. A., Wijayanti, S., & Priyatama, A. N. (2012). Hubungan antara self efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 1(2), 1-13.

Smet. (2010). Psikologi kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.