Hubungan kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar siswa

Dhonie Ruya Yuwanda, Solikin Solikin, Yeni Mulyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar pada siswa. Jenis penelitian adalah analitik dan Rancangan penelitian adalah cross sectional. Populasi dalam objek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 12 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling sampel yang didapat yaitu sebanyak 74 siswa. Hasil analisis pada penelitian menggunakan Uji Korelasi Spearman’s memperlihatkan tinggi signifikan (2-tailed) 0,000 (p<0,05) yang berarti Ha diterima. Hal ini menyatakan adanya hubungan kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar pada siswa di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Selanjutnya berdasarkan correlation coefficient di dapatkan nilai r = 0,807 yang berarti kekuatan hubungan termasuk dalam hubungan kuat.


Keywords


Kecerdasan Spiritual; Motivasi Belajar; Siswa

Full Text:

PDF

References


Basuki, K. H. (2015). Pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 5(2), ISSN: 2088-351X.

Hamzah, U. (2014). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Ikhtiaini, I. S., & Indrawati, S. E. (2017). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan pengambilan keputusan pada wanita pemandu karaoke di kota purwodadi. Jurnal Empati, 7, 170-182.

Laucher, G. (2015, November 20). Made for minds. Retrieved Juli 23, 2019, from https://www.dw.com: https://www.dw.com/id/unesco-peringatkan-krisis-pendidikan-dunia/a-17394084.

Notoatmojo, S. (2012). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa . Jurnal At-Taqaddum.

Safaria, T. (2008). Metode pengembangan spiritual anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yantiek, E. (2014). Kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan perilaku prososial remaja. Pesona, Jurnal Psikologi Indonesia, 3(1), 22-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.