Faktor-faktor yang mempengaruhi flow akademik

Abu Markamad, Khuzaemah Khuzaemah

Abstract


Flow akademik merupakan suatu kondisi psikologis atau pengalaman psikologis yang dapat dialami oleh setiap siswa yang dicirikan antara lain merasa bahagia, konsentrasi meningkat, keterlibatan, larut dalam aktifitas, fokus, dan kontrol diri meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil-hasil penelitian (literature review) mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi flow akademik pada siswa. penelusuran hasil penelitian di database elektronik Google Scholar, DOAJ, Garuda Dikti. dengan menggunakan kata kunci “flow akademik”. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa flow akademik tidak hanya dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri individu saja (internal), tetapi juga dapat dipengaruhi oleh faktor dari luar (eksternal). Faktor internal terdiri dari motivasi berprestasi, religiusitas, self regulated learning, dan self-efficacy sedangkan faktor eksternal terdiri dari metode pembelajaran dan social support.


Keywords


Faktor Internal; Faktor Eksternal; Flow Akademik

Full Text:

PDF

References


Alfarabi, Saraswati, dan Dayakisni. (2017). Religiusitas dengan flow akademik pada siswa. PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami, 3(2). 145-154.

Arif. (2013). Hubungan antara motivasi berprestasi dan flow akademik. Calytra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1). 1-12.

Fritz, B. S., & Avsec, A. (2007). The experience of flow and subjective well-being of music students. Psihološka Obzorja / Horizons of Psychology, 16(2), 5-17.

Husna dan Rosiana (2015). Hubungan social support dengan flow pada mahasiswa fakultas psikologi. Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba (Sosial dan Humaniora), 574-579.

Ingarianti. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen karir. JIPT. 5(2). 202-209.

Liao, L. (2006). A flow theory perspective on learner motivation and behavior in distance education. Distance Education, 27(1), 45–62. doi:10.1080/01587910600653215

Pearce, J. M., & Howard, S. (2004). Designing for flow in a complex activity. APCHI.

Pebrianin., & Rosiana. (2015). Pengaruh metode pembelajaran terhadap flow akademik pada mahasiswa psikologi UNISBA. Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba (Sosial dan Humaniora), 279-286.

Purwanti., & Akmaliyah. (2106). Hubungan antara self efficacy dengan flow akademik pada siswa akselerasi SMPN 1 Sidoarjo. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2). 249-260.

Seligman, M. E. P. (2002). Authentic happiness: Using the new positive psychology to realize your potential for lasting fulfillment. New York: Free Press.

Wati., & Firman. (2017). Hubungan self regulated learning dengan flow akademik siswa. Jurnal Neo Konseling, 1-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.